Inilah Lokasi Titik Terdingin Di Bumi, Suhunya Bisa Mencapai Minus 100 Derajat Celsius

Inilah Lokasi Titik Terdingin Di Bumi, Suhunya Bisa Mencapai Minus 100 Derajat Celsius

Daerah terdingin di bumi--

RADARMUKOMUKO.COM –Apabila kota membahas tentang suhu terdingin di buni, maka pikiran kita terlintas ke Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Kedua Kutub tersebut terletak di bagian paling Utara dan paling Selatan Bumi sehingga jarang sekali terkena sinar matahari.

BACA JUGA:4 Jenis Susu Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Bumi sendiri, memiliki suhu rata rata yang bervariasi mulai dari -25 derajat Celsius di saat dingin dan 45 derajat celsius kala panas.

Sedangkan, kondisi tersebut sangat berbeda jika dibandingkan dengan planet tetangga kita yaitu Merkurius yang memiliki suhu mencapai 430 derajat Celsius dan bisa tumbus hingga minus 180 derajat Celsius di malam hari.

Mengutip dari berbagai sukber, suhu paling dingin di pernukaan bumi ternyata bukan di Kutub, melainkan terdapat di Dataran Tinggi Antartika Timur di Antartika.

Suhu di sana tak main-main, bisa tembus hingga minus 98 derajat celsius jauh melebihi titik beku.

BACA JUGA:OJK Beri Peringatan Kepada Masyarakat Atas Penipuan Rekening yang Viral Belakangan Ini

Temuan suhu ekstrim tersebut telah dibuktikan oleh peneliti setelah memeriksa kembali data satelit yang diambil dari balik bukit di lapisan es Antartika.

Saat itu, suhu disana mencapai minus 93 derajat celsius pada tahun 2010 seperti yang dikutip dari Jurnal Geophysival Research Letters yang terbit pada tahun 2018.

Meski sudah terbilang sangat dingin para peneliti menganalisa bahwa suhu tersebut sebenarnya termasuk ke dalam suhu rendah dari angka yang tercantum.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi mendorong terjadinya suhu dingin tersebut, diantaranya adalah kondisi curah hujan serta udara yang sangat kering.

Disana, kelembapan dapat memerangkap panas di udara sehingga tempat yang kering cenderung bersuhu lebih rendah dibandingkan dengan tempat yang lembab.

BACA JUGA:UTBK-SNBT 2023 Gelombang II Dimulai, Para Peserta Jangan Melanggar Aturan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: