Benarkah ada Hantu Penunggu dan Arwah Berketayangan Seperti di Film, Begini Pandangan Islam

Benarkah ada Hantu Penunggu dan Arwah Berketayangan Seperti di Film, Begini Pandangan Islam

Hantu menurut pandangan Islam --

RADARMUKOMUKO.COMHantu merupakan kata menakutkan bagi sebagian besar orang, karena gambarannya seram, mengerikan dan dianggap bisa mencelakakan.

Tidak diketahui apakah ini dipengaruhi oleh film-film hantu yang sering tayang di televisi atau hantu ini benar-benar ada.

BACA JUGA:Masih Bumi Sriwijaya, Bahasa Sumatera Selatan dan 4 Provinsi Ini Rada Mirip

Apalagi diera digital saat ini, banyak orang membuat konten soal hantu, seperti berburu hantu, uji nyali dan sebagainya. Banyak orang beranggapan hantu ialah orang mati yang arwahnya masih bergentayangan di bumi. 

Cerita hantu ini juga menjadi perhatian tokoh-tokoh agama.

Berikut pandangan Islam tentang hantu atau arwah yang bergentayangan dilansir dari muhammadiyah.or.id:

Dalam Islam, alam terbagi menjadi tiga bagian: dunia, barzakh, dan akhirat. 

BACA JUGA:Ciri-Ciri Rumah Membawa Sial Bagi Penghuninya

Ketiga jenis alam itu memiliki status dan aturan sendiri. Alam dunia adalah refleksi dari jasad sedangkan ruh sebagai bagiannya, namun sebaliknya alam barzakh adalah refleksi dari ruh sedangkan jasad sebagai bagiannya. 

Sedangkan alam akhirat atau Dar al-Qarar adalah alam setelah kebangkitan manusia dari kuburnya untuk mendapatkan balasan, di mana jasad dan ruh digabungkan kembali.

Setelah mengetahui posisi alam, Islam mengajarkan bahwa kematian adalah berpisahnya antara ruh dengan jasad, dan ketika pemisahan tersebut terjadi, ruh berada di alam barzakh atau alam kubur. 

BACA JUGA:Dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi, Mukomuko Tampilkan Batik di Pameran HUT Dekranas ke 43 di Medan

Ibarat perjalanan waktu, manusia yang sudah pindah ke alam lain tidak akan kembali ke alam semula. Ruh manusia yang sudah pindah ke alam barzakh juga tidak akan kembali ke alam dunia. 

Inilah mengapa dinamakan barzakh, yang berarti pembatas antara dua hal, dan di sini maksudnya pembatas antara alam dunia dengan alam akhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: