Mengenal Daerah di Pulau Sumatera yang Memiliki Jembatan dengan Panjang 28 Kilometer

Mengenal Daerah di Pulau Sumatera yang Memiliki Jembatan dengan Panjang 28 Kilometer

Mengenal Daerah di Pulau Sumatera yang Memiliki Jembatan dengan Panjang 28 Kilometer-Istimewa-Berbagai Sumber

SUMBAR, RADARMUKOMUKO.COM – Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera, Indonesia yang didirikan pada tanggal 3 Juli 1958. Pusat ibu kota provinsi terletak di Kota Padang. Dilihat dari sisi pemerintahan, daerah ini memiliki 20 unsur pemerintahan, 1 provinsi dan 19 kabupaten kota.  

Mungkin banyak yang belum tahu, sebelah utara Sumbar, berbatasan langsung dengan Sumatera Utara. Di bagian Selatan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu, dan sebelah Timur dengan Provinsi Jambi dan Riau. Sementara di bagian Barat Sumbar, berbatasan dengan Samudera Indonesia. 

BACA JUGA:PA 212 Tolak Konser Coldplay Di Indonesia, Netizen : Si Paling Suci dan Ngga Open Minded

Di daerah ini, terdapat banyak sungai, lembah perbukitan dan gunung. Dengan kondisi alam yang menghukum, seyogianya daerah ini memiliki banyak jembatan sebagai konektivitas masyarakat antar wilayah

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebagai akses konektivitas antar wilayah, di tahun 2023 Sumbar tercatat telah memiliki 1.532 unit jembatan. Dari sejumlah jembatan tersebut, memiliki panjang 28.220,85 meter atau 28,2 kilometer. 

Dari sejumlah jembatan yang ada di Sumbar tersebut, sebagian menjadi kewenangan pusat dan statusnya jembatan nasional (national bridge). Kemudian ditambah dengan jembatan kewenangan provinsi (province bridge). 

BACA JUGA:Sungguh Miris, Kisah Seorang Ibu yang Melahirkan Anak Kembar Beda Hari Beda Provinsi di Rejang Lebong

Menurut BPS, jembatan nasional (national bridge) di Sumbar sebanyak 886 jembatan dengan total panjang 19.189,41 m atau 19,2 km. Ini dirinci lagi menjadi jembatan dengan panjang kurang dari 6 m, dan jembatan dengan panjang 6 m atau lebih.

Jumlah jembatan nasional yang panjangnya kurang dari 6 m di Sumbar, sebanyak 193 jembatan dengan panjang total 761,46 m. Sementara itu, jembatan nasional dengan panjang 6 m atau lebih, sebanyak 693 jembatan dengan panjang total 18.427,95, atau 18,4 km.

Kemudian, jembatan berstatus jembatan provinsi di Sumbar, sebanyak 646 jembatan dengan total panjang 9.031,44 atau 9 Km.

Dari 19 kabupaten/kota, jembatan nasional paling banyak terdapat di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), dengan 11 jembatan (kurang dari 6 m) sepanjang 49 m, dan 135 jembatan (6 m atau lebih) sepanjang 3.997,70 m. 

BACA JUGA:Mengenal Suku Anak Dalam Atau Suku Kubu, Penghuni Taman Nasional Bukit Duabelas

Sementara itu, jembatan provinsi (province bridge) di Sumbar paling banyak terdapat di Kabupaten Pasaman dengan jumlah 94 jembatan dan panjang 1.272,40 m atau 1,27 km.

Sebanyak 4 daerah (kota) tak punya jembatan provinsi sama sekali, yakni Kota Solok, Padang Panjang, Kota Bukittinggi, dan Kota Pariaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: