Lahan Giat GN-KPA Libatkan TNI-Polri Jadi Lokasi Proyek

Lahan Giat GN-KPA Libatkan TNI-Polri Jadi Lokasi Proyek

Lahan Giat GN-KPA Libatkan TNI-Polri Jadi Lokasi Proyek-Istimewa-Radar Mukomuko

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Ada pemandangan menarik pada lokasi giat Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) di kawasan Bendungan Manjuto, Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Lahan yang semula disediakan sebagai tempat bercocok tanam GN-KPA, kini sudah berubah fungsi. Menjadi lokasi proyek pembangunan kantong lumpur.

Padahal, dalam gebyar dalam proses kegiatan bercocok tanam GN-KPA yang digelar pada 20 September 2019, gaungnya tak main tanggung. Oleh penyelenggara kegiatan, sempat melibatkan sebagian besar institusi pemerintah. Mulai dari TNI, Polri, kejaksaan, Kemenag dan Pemda Mukomuko. 

‘’Saya katakan, giat GN-KPA di Mukomuko pada tahun 2019 lalu mubazir. Maksud dan tujuannya tak tercapai. Kini lokasi bercocok tanam sudah digarap sebagai lokasi proyek,’’ kata warga Mukomuko, Sutrimo.  

BACA JUGA:348 Caleg Didaftarkan ke KPU MM, 4 Parpol Kurang dari 25 Orang, Ini Rinciannya

Giat GN-KPA yang dilaksanakan di tahun 2019 tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air. Program tersebut langsung di bawah koordinasi Kementerian PUPR.  

Dalam aksi kegiatan GN-KPA tersebut, kata Sutrimo, patut diduga menggunakan anggaran pemerintah yang cukup besar. Mulai dari pengadaan pakaian peserta, makan minum dan transportasi pejabat yang hadir ketika itu.

‘’Wajar, kita selaku warga merasa mubazir. Tujuan GN-KPA tidak tercapai. Saya meyakini ada anggaran yang cukup besar pada kegiatan itu,’’ demikian Sutrimo. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: