Tingkatkan Peningkatan SDM, Perangkat Desa Gelar Pelatihan, Apa Saja Jenis Pelatihannya, Cek Disini

Tingkatkan Peningkatan SDM, Perangkat Desa Gelar Pelatihan, Apa Saja Jenis Pelatihannya, Cek Disini

Kades Gajah Mati, Bambang Irawan--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Rumbai, tahun ini banyak melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. 

Terutama pelatihan peningkatan kapasitas kinerja perangkat desa, upgrade kapasitas kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sehingga kedepan jajaran perangkat desa dan anggota BPD bisa lebih bersinergi bersatu padu dalam membangun desa. Di samping itu, juga ada beberapa pelatihan untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi masyarakat desa.

Kepala Desa (Kades) Gajah Mati, Bambang Irawan mengatakan, selain prioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mereka juga ada pembangunan fisik 1 item. 

Yaitu peningkatan rabat beton Jalan dengan volume panjang 288 meter. 

BACA JUGA:Kecamatan V Koto Gelar Musrenbangcam, Ini Pesan Camat dan Ingat Janji Dewan

Selain itu program prioritas nasional seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai  (BLT) kemiskinan ekstrim dan merealisasikan kegiatan ketahanan pangan tetap dilaksanakan. 

"Selain dari itu, kita lebih fokus ke pembangunan SDM. Dan upgrade kapasitas kinerja perangkat desa dan BPD," kata Bambang

Sambungnya, selama ini perangkat desa dan BPD sudah berkolaborasi dengan baik untuk membangun desa. Namun, perlu untuk ditingkatkan lagi. 

Oleh karena itu, tahun ini harus ada pelatihan khusus untuk BPD dan perangkat desa. 

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini Do’a Nabi Musa untuk Mendapatkan Jodoh Cocok Bagi Para Pemuda dan Lajang

Sehingga kedepan BPD dan perangkat desa ini bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Dan saling membutuhkan satu sama lain. 

"Pembangunan dalam rangka peningkatan SDM menjadi prioritas kita tahun 2023 ini. Dimasa kepemimpinannya ini semua perangkat desa baru, karena yang lama sengaja mengundurkan diri," bebernya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: