Kisah Aneh di Balik Makam Daeng Maleini Leluhur Suku Gersik Mukomuko

Kisah Aneh di Balik Makam Daeng Maleini Leluhur Suku Gersik Mukomuko

Kisah Aneh di Balik Makam Daeng Maleini Leluhur Suku Gersik Mukomuko-Ibnu Rusdi-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Makam RA Sulistioningsih yang dikenal dengan sebutan Daeng Maleini alias Puti Dayang Maleini di Desa Pauh Terenja, Kecamatan XIV Koto, Mukomuko, Bengkulu kerap dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Bahkan masyarakat asal Pulau Jawa sering datang berziarah ke makam leluhur Suku (Kaum) Gersik Mukomuko itu.

Daeng Maleini dipercaya memiliki sosok perempuan berparas cantik. Tinggi semampai bak bidadari. Dia dimakamkan berdampingan dengan pamannya, Raja Syahbandar Intan Berkarang dengan nama asli Raden Muhammad Ario Penangsang dan Raja Sakti serta seorang Dubalang (pengawal) Raja Syahbandar Intan Berkarang.

BACA JUGA:Pemerintah Segera Berlakukan Tarif KIR Kendaraan Terbaru, Ini Rinciannya

Di balik makam para sesepuh Kaum Gersik ini, ternyata juga memuat beberapa kisah aneh yang pernah dialami pengunjung. 

Merangkum dari yang diceritakan juru kunci makam, Dahril (60), warga Desa Pauh Terenja. Di antara kisah yang diketahui dirinya. Pernah seketika, makam ini didatangi oleh salah seorang youtuber asal Jambi. 

Menurut Dahril, orang tersebut datang ke lokasi makam tanpa izin. Lalu mengambil gambar makam Dayang Maleini dan lainnya dengan menggunakan kamera. Saat sedang melakukan perekaman, secara tiba-tiba kamera yang digunakan meledak. 

BACA JUGA:Ingin Menikmati Kopi Tanpa Khawatir Maag Kambuh? Cara ini Bisa Kamu Lakukan

‘’Orang itu datang dengan niat yang salah. Tidak minta izin dan mengambil gambar untuk kepentingan pribadi, mungkin saja dijual,’’ kata Dahril.

‘’Setelah kejadian itu, orang itu pulang dengan rasa takut dan tidak berhasil mengambil gambar,’’ kata Dahril. 

Kejadian aneh kedua yang pernah diketahui dirinya. Ada salah seorang yang datang ke lokasi makam pada malam hari. Bersemedi di depan makam, dengan maksud mendapatkan sesuatu. Kejadian di luar dugaan, pada paginya orang tersebut tidak lagi berada di depan makam.

‘’tahu-tahu pas paginya, orang itu terbangun dari tidur. Dan ternyata tidak lagi di depan makam, melainkan sudah berpindah tempat, di luar lokasi makam,’’ kata Dahril. 

Pohon Aneh Dipercaya Kayu Tambahan Perahu Raja Syahbandar Intan Berkarang

Selain memuat kisah mistis, di seputar makam Daeng Maleini, Raja Syahbandar Intan Berkarang dan Raja Sakti juga terdapat sebatang pohon langka. Aneh memang, pohon itu menjulang tinggi. Konon, hanya tumbuh di tiga titik di pulau Sumatera. 

Oleh anak cucu Kaum Gersik, sebatang pohon yang tumbuh di seputar makam Daeng Maleini itu diberi nama pohon jawo. Konon ceritanya, pohon itu merupakan kayu pancang tempat tambatan perahu Raja Syahbandar Intan Berkarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: