Segini Capaian Penyaluran Dana Desa di Mukomuko 2022

Segini Capaian Penyaluran Dana Desa di Mukomuko 2022

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Haryanto, SKM mengungkapkan bahwa penyaluran Dana Desa (DD) di Kabupaten Mukomuko tahun 2022 telah mencapai angka 99,07 persen dari total pagu Rp 114 miliar. 

Begitu disampaikan Haryanto ketika ditemui di kantornya Kamis, 22 Desember 2022. Ia mengaku bahwa anggaran untuk pendanaan yang menjadi urusan daerah dan desa pada rekening Kas Umum Daerah (KUD) masih tersedia sekitar Rp 80 juta atau 0,3 persen dari nilai pagu. 

‘’Sisa dana yang belum tersalur, karena masih terdapat satu desa lagi yang belum mengajukan pencairan tahap tiga. Jika terlambat pengajuan, terancam tidak bisa diproses,’’ kata Haryanto. 

Dijelaskan Haryanto, dana Rp 80 juta tersebut untuk jatah Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Rumbai. Disebabkan keterlambatan dalam pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPj) pencairan tahap 2, desa bersangkutan terganjal dalam pengurusan pencairan.

‘’Susah kita menyebutnya, kita terpaksa turunkan petugas ke sana (Desa Sumber Makmur) untuk membantu penyelesaian SPj tahap dua, agar desa bersangkutan bisa mendapat rekomendasi kecamatan dan bisa mengajukan pencairan tahap tiga,’’ imbuhnya. 

Haryanto juga menyampaikan, proses pencarian Dana Desa dideadline hingga tanggal 26 Desember mendatang. 

‘’Pihak desa masih berupaya, setidaknya berkas pencairan sudah masuk pada Senin mendatang. Lewat dari itu, pesimis proses penyaluran dapat diproses. Kita berharap, kondisi genting ini benar-benar menjadi perhatian dari pihak desa,’’ demikian Haryanto. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: