Pemdes Gading Jaya Alihkan Sisa Dana BLT-DD untuk Fisik

Pemdes Gading Jaya Alihkan Sisa Dana BLT-DD untuk Fisik

Ilustrasi BLT-antara-

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Gading Jaya Kecamatan Sungai Rumbai, alihkan selisih (sisa) dana BLT-DD yang tidak tersalurkan. 

Rencananya, anggaran itu digunakan untuk kegiatan pembangunan fisik. Yaitu peningkatan (pengoralan) Jalan penghubung Desa Gading Jaya dengan Desa Banjar Sari. 

Dimana volume panjang Jalan tersebut lebih kurang sekitar 900 meter. Sementara anggaran BLT-DD yang tidak tersalurkan tahun ini lebih kurang sekitar Rp 156 Juta. 

Sesuai dengan kesepakatan bersama BPD dan tokoh masyarakat tempo hari. Semua sisa anggaran BLT-DD tersebut dialihkan untuk peningkatan Jalan penghubung desa.

Kepala Desa (Kades) Gading Jaya, Azwardi, H, mengatakan, sesuai dengan petunjuk teknis yang mengacu dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 128/PMK/.07/ 2022. Tentang perubahan atas PMK Nomor 190/PMK/.07/2021 tentang pengelolaan Dana Desa. Selisih (sisa) dana BLT-DD yang tidak tersalurkan tahun ini bisa dialihkan untuk kegiatan prioritas lain. "Jadi, dana BLT-DD kita yang tidak tersalur itu, akan kita alihkan untuk pembangunan fisik. 

Pelaksanaan kegiatan fisik itu setelah menyusun perubahan," kata Azwardi kemarin.

Dijelaskannya, sesuai dengan PMK Nomor 190 tahun 202. Tahun Anggaran (TA) 2022 ini desa diwajibkan menganggar Dana Desa (DD) sebesar 40 persen dari jumlah pagu DD TA 2022. 

Anggaran itu khusus untuk BLT-DD. Keluarga yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD tersebut, harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. "Sesuai dengan hasil penjaringan yang dilakukan. 

Dan hasil kesepakatan dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus). Jumlah keluarga penerima BLT-DD di Desa Gading Jaya hanya 32 KPM. Sementara anggaran untuk BLT-DD cukup besar, 40 persen dari pagu DD TA 2022. Sesuai dengan petunjuk. Selisih anggaran itu kita alihkan untuk kegiatan fisik," jelasnya.

Ditambahkannya, sisa dana BLT-DD ini bukan berarti Pemdes yang tidak mau menyalurkannya. Tetapi keluarga yang memenuhi kriteria untuk menerima BLT-DD sudah tidak ada. 

Bahkan jumlah keluarga penerima BLT-DD tahap III kemarin sudah berkurang 1 Keluarga. Penyaluran tahap I dan tahap II waktu lalu jumlah keluarga penerima BLT-DD sebanyak 32 keluarga. 

Ditahap III kemarin tinggal 31 keluarga. "Karena satu orang penerima itu sekarang sudah menjadi anggota BPD di desa gading jaya. Selama ini, sisa anggaran baik ditahap I maupun tahap II dan tahap III memang tidak kita tarik. Sekarang dana itu kita alihkan untuk kegiatan fisik," tutupnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: