Jual Beli Strike di Samudera Indonesia

Jual Beli Strike di Samudera Indonesia

MEMANCING, adalah kegiatan menangkap ikan. Bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga atau kegiatan di pinggir/tengah danau, laut, sungai dan perairan dengan target utama ikan. Belakangan, kegiatan ini begitu populer. Peralatan memancing yang sebelumnya sederhana dan tradisionalpun berkembang pesat. Terkadang istilah yang dipakai untuk menamai dan fungsi peralatan itupun membingungkan.

Komunitas memancingpun bermunculan. Mulai perkumpulan sekampung, satu sekolah atau satu instansi. Pun, komunitas memancing Graha Pena Fishing Club (GPFC).

Komunitas ini, merupakan kumpulan para pewarta dan karyawan yang tergabung dibawah bendera Sumatera Ekspres Grup (SEG). Komunitas ini diprakarsai H Muhammad Muslimin (HMM), akrab disapa Bang Min, sekaligus Direktur Utama Sumeks Grup. Beragam spot sudah dijajal, mulai dari kolam, sungai, Muara Laut Sungsang, Bagan hingga ke perairan Karang Pendrik yang terletak di antara Laut Sumsel dan Laut Bangka.

Tak puas dengan ikan kecil, keinginan menaklukan ikan berukuran monster menggelora. Muncullah keinginan menjajal spot di Perairan laut Lampung, tepatnya SMR. Apa itu SMR ? Sea Mount Reef, cekungan karang yang tersusun diantara Anak Pegunungan Krakatau dengan kedalaman bervariasi 100 sampai 200 meter. Spot ini menjadi primadona para angler di Indonesia, khususnya Indonesia bagian barat. Potensi ikan di laut lepas berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menjadi habitat ikan dari berbagai spesies dan ukuran yang menjadi buruan para pemancing.

Namun, gelora ini sedikit harus ditahan. Ternyata jadwal kapal Singa Laut, kapal yang biasa disewa para angler menuju spot terbaik sangat padat. Dari pengajuan bulan Maret, GPFC baru bisa melaut pada September 2021. Tepatnya 17,18,19 September 2021. Hanya saja, jadwal yang padat ini, menguntungkan kami yang terhitung pemacing fomula. Kami memiliki kesempatan melengkapi peralatan.

Memang, peralatan memancin di laut berbeda dengan sungai atau kolam. Tarikan ikannya sangat kuat. Butuh standar peralatan dengan kwalitas tinggi. Perlengkapan baru dan namanya rada aneh, kadang kamipun bingung menyebut peralatan tersebut. Harganya terbilang mahal dibanding peralatan pancing biasa.

Singkat cerita, 16 personil dengan Leader Endang Kosasi, H Muslimin dan Sulendri, anggota Mas Didi, H Antoni, Tri Nurwanto, H Aziz, Rosidi, Jumat, Iwan, Iska, Reno, Helendri, Uda Yurdi, Hendra siap. Sesuai jadwal, tanggal 16 September, sekitar pukul 21.30 wib, tim berkumpul di Graha Pena, Mabes Sumeks Grup. Usai pengarahan, 3 minibus dan 1 mobil bok bergerak menyurusi tol Palembang-Lampung

Tim beristirahat di Rest Area 215. Kondisi jalan yang lumayan sepi, membuat mobil bisa bergerak cepat menembus udara malam. Tiba di rest area lebih cepat dari jadwal semula. Jika tim langsung bergerak, dipastikan tiba di mes dan Dermaga Singa Laut akan terlalu pagi, sekitar pukul 02.00 wib. Karenanya, ketua tim mengizinkan personil beristirahat sembari minum kopi untuk sedikit menyiangkan hari. Adapula yang mencari e-tol, karena saldo tidak cukup. Sayangnya, e-tol agak langka.

Petugas minimarket mengaku transaksi sedang ada gangguan. Justru di lapak warung makanan ringanlah e-tol tersedia. Sekitar pukul 01.00 wib, tim kembali bergerak menyusuri tol hingga keluar di Gerbang Tol Kota Baru. Tim sempat terpisah, untungnya ada teknologi sharelock. Jadi leader yang berada di depan mengirim titik lokasi, kami tinggal mengikuti arahan online dari teknologi perangkat komunikasi yang tersedia.

Sekitar pukul 04.00 wib, tim tiba di Pantai Mutun langsung menuju Dermaga Singa Laut. Seorang petugas mengatur parkir kendaraan. Barang bawaan dan seluruh perlengkapan kami diangkut ke kapal menggunakan gerobak.

Kapal Singa Laut yang bakal membawa rombongan sudah bersandar di dermaga. Beberapa angler memanfaatkan moment ini berselfie, ada yang duduk menikmati pemandangan malam. Tapi, ada juga angler yang tidak sabar menjajal mata pancing cumi. Ya, di lokasi ini terlihat beberapa cumi-cumi berenang diantara rerumputan air laut. Benar-benar menggoda.

Hingga sayup terdengar azan subuh berkumandang, sebagian dari kami menunaikan solat subuh di mess Singa Laut berjamaah. Usai solat, sebagian angler melepas lelah beristirahat di mess. Ada pula yang sibuk merangkai pancing. Maklum, jadwal keberangkatan menuju spot pertama baru pukul 07.00 wib.

Rasa lapar menggelayap, hingga menu sarapan nasi uduk tiba. Lahap, menu khas Indonesia ini disantap bersama. Sunrise di perairan laut menambah akrab suasana. Setelah semua barang diangkut kru dan ABK Kapal Singa Laut, kapal pun melaju.

Suasana benar-benar akrab, semua bercengkrama. Bosmin, mengingatkan para angler untuk segera meminum obat anti mabuk. Mabuk laut menjadi momok paling menakutkan bagi angler, karenanya sebelum terlambat semua diminta minum obat tersebut. Lebih kurang 8 jam perjalanan harus kami tempuh untuk sampai di spot SMR.

Awalnya ombak masih lumayan tenang, para angler masih bercengkeramah, ada juga yang sibuk menemani para ABK merangkai pancing. Setelah 5 jam perjalanan, tantangan mulai terasa. Angin kencang dan ombak tinggi menerjang kapal. Goncangan kapal yang meliuk mengikuti arah ombak, mombalik balik isi perut. Rasa mual dan kepala pusing mulai menyerang.

Tak tahan dengan kondisi ini, beberapa angler memilih tidur di dalam kapal. Sekitar pukul 15.00 wib, tibalah di spot awal. Sirine dibunyikan kapten kapal, ini menandakan kapal sudah berhenti sempurna. Para angler dipersilahkan menurunkan pancing.

Kerinduan akan spot yang disebut-sebut terbaik di perairan Lampung ini memuncak, para angler sibuk menyiapkan piranti pancingnya masing-masing. Lokasi favorit diburitan kapal, di areal ini cukup luas, para angler bisa leluasa melempar mata kail ke seluruh arah tanpa ada gangguan. Tak cuma itu, saat terjadi tarik menarik dengan ikan, kemungkinan senar pancing tersangkut badan kapal sangat kecil.

Karena ikan biasanya akan membawa kail keluar body kapal. Namun, kapasitas di areal ini sangat terbatas, hanya mampu menampung beberapa angler, jika dipaksakan berkumpul dititik ini, tali pancing akan kusut.

Sebagian angler memilih lokasi dipinggiran kanan kapal, ada lagi yang mengambil lokasi di bagian depan kapal. Masing-masing sibuk dengan diri dan perlengkapan sendiri-sendiri. Ada yang memilih tehnik pancing jigging, yaitu menggunakan umpan dari metal yang berbentuk ikan, pada ujungnya dipasang kail bermata tiga. Ada pula yang menggunakan tehnik pancing dasaran, yaitu menggunakan umpan hidup cumi-cumi atau potongan daging ikan.

Hempasan ombak yang menggoyangkan kapal tidak dihiraukan, air laut yang terkadang memercik ke muka dianggap sebagai pelembab wajah dari sengatan sinar matahari. Strike awal, dibuka oleh Hendra yang langsung menarik kakap merah. Tehnis jigging yang dipakai Hendra, membuat angler yang menggunakan teknik dasaran goyah, beberapa angler yang menseting ulang pancingnya menggunakan tehnik dasaran.

Pesta strike benar-benar terjadi, Bosmin di bagian buritan kapal strike dan berhasil menaklukan Kakap Merah lebih kurang 5 kilogram. Perang strike, hampir semua angler berhasil menaklukan ikan. Ada Kakap merah, Nila Laut, Kadal, serta aneka ikan lainnya berhasil diangkat.

Rasa capek dan lelah, usai menempuh perjalanan dari Palembang, dilanjutkan perjalanan via laut lebih kurang 8 jam hilang seketika. Aksi saling ledek dan canda antar angler benar-benar membuat suasana happy. Deburan ombak dan desiran angin, pecah oleh suara saling ledek antar angler.

Helendri yang sibuk mengabadikan moment ini, menambah hangat suasana. Saking banyaknya ikan, Helendri pun kebagian strike kerapu, meski ukurannya lumayan kecil. Mas Didi, Yurdi, Pak Endang, Suhendi, Iwan kebagian kakap merah. Sementara Mas Reno berhasil menarik ikan Simba ukuran sedang. Kapten kapal tak mau ketinggal pesta, strike kakap merah juga dirasakannya. Sayang beberapa angler yang terlanjur mabuk laut tidak bisa menikmati ini. Pesta strike berhenti, ketika alarm azan Magrib berkumandang dari handfhone kapten kapal. Bergantian, kami menunaikan kewajiban solat.

Goncangan ombak yang kuat, hampir tidak bisa melaksanakan solat berdiri. Karenanya, semua melaksanakan solat dengan cara duduk. Meski sudah duduk, berkali tubuh kita oleng bahkan terbanting ke dinding kapal. Kapten kapal mengingatkan, untuk sedikit menyenderkan tubuh di dinding kapal, guna menghindari bantingan ombak. Jika bukan karena ketaatan yang kuat, mungkin akan sulit menunaikan kewajiban ini. Usai solat, koki kapal berteriak memanggil para angler untuk makan.

Menu telur dan tempe goreng, ditambah sayur lodeh terasa begitu nikmat. Tubuh yang semula dingin diterpa angin laut menjadi hangat. Usai santap malam, beberapa angler langsung mengambil joran dan memancing lagi. Karena malam, Pak Endang selaku leader menganjurkan angler mamakai tehnik jigging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: