Rahasia Kulit Glowing dan Tubuh Sehat: 5 Manfaat Luar Biasa Sholat Dhuha yang Wajib Anda Tahu

Senin 21-10-2024,13:00 WIB
Reporter : M. Asroful Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RMONLINE.ID – Siapa sangka, sholat sunnah yang satu ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit? Ya, sholat Dhuha, ibadah yang dikerjakan pada waktu dhuha (sekitar setelah matahari terbit hingga sebelum waktu dhuha), ternyata memiliki dampak positif yang luar biasa bagi tubuh kita. 

Apa saja manfaatnya? Selain membuat hati tenang dan mendekatkan diri pada Allah SWT, sholat Dhuha juga memberikan sejumlah manfaat fisik yang bisa dirasakan langsung. Salah satu yang paling menonjol adalah wajah yang terlihat lebih cerah. Kok bisa? 

1. Mengapa wajah bisa terlihat lebih cerah setelah sholat Dhuha

Jawabannya terletak pada ketenangan hati yang didapat setelah beribadah. Ketika hati tenang, sirkulasi darah menjadi lancar, termasuk pada pembuluh darah di wajah. Hal ini membuat kulit mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga sel-sel kulit dapat memperbaiki diri dengan baik dan menghasilkan kolagen yang membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

BACA JUGA:Masak Mie Instan dengan Cara Ini Agar Lebih Sehat

BACA JUGA:4 Alasan Mengapa Mobil Matik Zaman Sekarang Banyak Pakai Transmisi CVT

2. Meningkatkan Imunitas tubuh   

Manfaat lainnya yang tak kalah penting adalah peningkatan imunitas tubuh. Dengan sholat Dhuha, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang berfungsi sebagai pereda stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit.

3. Bagaimana sholat Dhuha bisa meningkatkan imunitas tubuh?

Ketika kita sholat Dhuha, tubuh akan melakukan banyak gerakan fisik, seperti ruku’, sujud, dan duduk di antara dua sujud. Gerakan-gerakan ini merangsang produksi sel darah putih yang berperan penting dalam melawan infeksi. Selain itu, sholat Dhuha juga membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga mengurangi produksi hormon kortisol yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:3 Ciri Orang Cerdas yang Dapat Dilihat Dari Wajah

BACA JUGA:3 Perbedaan Milenial dan Gen Z dalam Menghadapi Tekanan Sosial

4. Peningkatan konsentrasi.  

Bagi Anda yang sering merasa kesulitan fokus dalam bekerja atau belajar, sholat Dhuha bisa menjadi solusinya. Dengan sholat Dhuha, pikiran menjadi lebih tenang dan fokus sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efektif.

Bagaimana sholat Dhuha bisa meningkatkan konsentrasi?  Sholat Dhuha mengajarkan kita untuk fokus pada satu hal, yaitu ibadah kepada Allah SWT. Ketika kita terbiasa fokus pada satu hal, maka kemampuan konsentrasi kita akan meningkat secara otomatis. Selain itu, sholat Dhuha juga membuat pikiran menjadi lebih jernih sehingga kita dapat berpikir lebih rasional dan logis.

Kategori :