Anggaran DAK 2025 Naik 3 Kali Lipat, Pemkab Mukomuko Tancap Gas Tuntaskan Ruas Jalan Konektivitas Masyarakat

Anggaran DAK 2025 Naik 3 Kali Lipat, Pemkab Mukomuko Tancap Gas Tuntaskan Ruas Jalan Konektivitas Masyarakat

Anggaran DAK 2025 Naik 3 Kali Lipat, Pemkab Mukomuko Tancap Gas Tuntaskan Ruas Jalan Konektivitas Masyarakat--Sumber Foto : Facebook/Dinas Pupr Kabupaten Mukomuko

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Sudah ada kepastian, total perolehan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten MUKOMUKO, Provinsi Bengkulu tahun 2025, naik 3 kali lebih besar dibandingkan tahun ini.

Berdasarkan rincian DAK fisik tahun 2025 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, Kabupaten Mukomuko akan mendapatkan kucuran dana khusus untuk pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp51,2 miliar. 

Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan perolehan DAK fisik bidang jalan tahun 2024 sebesar Rp17,8 miliar.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT ketika dikonfirmasi pada Selasa, 15 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Melawan Arus dan Main HP Ditilang, Polres Mukomuko Gelar Operasi Zebra Nala Hingga 27 Oktober 2024

BACA JUGA:Pengangkatan Zamhari Sebagai ketua DPRD Mukomuko Mulai Diproses

Ia mengatakan, berdasarkan rincian DAK tahun 2025 yang telah ditetapkan pemerintah pusat, dapat diketahui ada peningkatan yang signifikan terhadap persediaan anggaran khusus bidang jalan. 

‘’Total perolehan DAK bidang jalan tahun 2025 naik 3 kali lebih besar dibandingkan tahun ini. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi, berubah boleh asalkan nilai angkanya naik dari yang telah dirincikan,’’ kata Apriansyah. 

BACA JUGA:Mantan Pimpinan Dewan Belum Kembalikan Mobnas, Bakal Dijemput Paksa Satpol PP

BACA JUGA:Keputusan Mendagri Terkait Kinerja Kepala Dinas Dukcapil se Indonesia, Mukomuko Terbaik di Bengkulu

Apriansyah menjelaskan, penerimaan DAK fisik bidang jalan untuk tahun 2025, terbagi dalam 2 kategori. Dikatakannya, untuk akses jalan konektivitas tematik Kawasan Pangan Nasional (KPPN) dengan total nilai Rp22 miliar. Selebihnya, ditambah dengan anggaran pembangunan jalan konektivitas dasar yang sebelumnya telah diusulkan ke pemerintah pusat. 

‘’Jadi untuk peningkatan ruas jalan ini, secara total nilainya Rp51 miliar lebih, termasuk di dalamnya ruas jalan tematik KPPN,’’ ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: