Putih atau Kuning Telur, Bagian Manakah yang Lebih Baik dalam Menurunkan Berat Badan?

Putih atau Kuning Telur, Bagian Manakah yang Lebih Baik dalam Menurunkan Berat Badan?

Putih atau Kuning Telur, Bagian Manakah yang Lebih Baik dalam Menurunkan Berat Badan?--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipilih dalam diet untuk menurunkan berat badan

Namun, sering kali kita dihadapkan pada pilihan antara putih telur dan kuning telur. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dalam konteks penurunan berat badan. Lalu, bagian manakah yang lebih baik untuk tujuan tersebut?

Putih telur sering dianggap sebagai pilihan yang lebih baik untuk menurunkan berat badan. Ini karena putih telur rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak atau kolesterol. 

BACA JUGA:Urutan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian? Ini 7 Perilaku yang Sering Ditemukan pada Anak Bungsu

BACA JUGA:Banyak Terjadi di Indonesia! Inilah Dampaknya Fatherless Country Terhadap Pertumbuhan Anak

Satu butir putih telur mengandung sekitar 17 kalori, 3,6 gram protein, dan sangat sedikit lemak. Protein dalam putih telur dapat membantu mengontrol nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil di antara waktu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa protein dari putih telur dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung proses pembakaran lemak. 

Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori dan ingin meningkatkan asupan protein tanpa menambah kalori dari lemak.

Di sisi lain, kuning telur mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan lemak sehat yang ada dalam telur. Kuning telur kaya akan vitamin A, D, E, dan K, serta mineral seperti selenium dan fosfor. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS Pemkab Mukomuko 2024, Dibutuhkan 5 Orang Baru Terisi 3 Pelamar

BACA JUGA:Mari Mulai Belajar! Inilah Tips Membuat Strategi Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Perusahaan

Selain itu, kuning telur juga mengandung kolin, yang berperan penting dalam kesehatan otak dan metabolisme.

Walaupun kuning telur mengandung lebih banyak kalori (sekitar 55 kalori per kuning telur) dan lemak, lemak yang ada di dalamnya sebagian besar adalah lemak sehat yang dapat membantu penyerapan vitamin. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kuning telur dalam jumlah moderat dapat memberikan manfaat kesehatan tanpa mempengaruhi secara signifikan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: