Tak Banyak yang Tahu! Inilah 6 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Tubuh

Tak Banyak yang Tahu! Inilah 6 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Tubuh

Tak Banyak yang Tahu! Inilah 6 Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Tubuh-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Hal ini mungkin terkait dengan efek pelukan dalam mengurangi stres. Stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengurangi stres melalui pelukan, kita secara tidak langsung memperkuat pertahanan tubuh kita terhadap penyakit.

Selain itu, sentuhan fisik yang positif seperti pelukan dapat merangsang produksi sel-sel pembunuh alami dalam tubuh kita. Sel-sel ini berperan penting dalam melawan virus dan sel-sel kanker.

Mengatur Tekanan Darah

Pelukan tidak hanya membuat kita merasa lebih baik secara emosional, tetapi juga dapat membantu mengatur tekanan darah kita. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Advanced Imaging Center di New York menemukan bahwa wanita yang menerima lebih banyak pelukan dari pasangan mereka memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Efek ini dikaitkan dengan peningkatan kadar oksitosin yang dihasilkan oleh pelukan. 

BACA JUGA:Pria Wajib Tahu!! Ini Loh Cara Mengembalikan Mood Wanita Agar Kembali Ceria

BACA JUGA:Paskibraka Mukomuko Jalani Karantina 14 Hari, Kesbangpol: Makanan dan Kesehatannya Kami Pantau

Oksitosin tidak hanya membantu kita merasa lebih tenang, tetapi juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, tentu saja pelukan bukan pengganti untuk pengobatan medis. 

Namun, menggabungkan terapi pelukan dengan pengobatan yang diresepkan dan gaya hidup sehat dapat membantu mengelola tekanan darah Anda dengan lebih efektif.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Mungkin terdengar terlalu sederhana untuk menjadi benar, tetapi pelukan dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik. 

Ini berkaitan dengan pelepasan endorfin, hormon alami tubuh yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, yang terjadi saat kita berpelukan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa pelukan dapat mengurangi persepsi rasa sakit pada individu yang mengalami nyeri kronis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: