Kenapa Semakin Dewasa Kita Cenderung Memiliki Teman yang Sedikit?

Kenapa Semakin Dewasa Kita Cenderung Memiliki Teman yang Sedikit?

Kenapa Semakin Dewasa Kita Cenderung Memiliki Teman yang Sedikit?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Semakin dewasa, kita mungkin memperhatikan bahwa jumlah teman yang kita miliki cenderung berkurang. Fenomena ini cukup umum dan bisa dijelaskan melalui beberapa faktor psikologis dan sosiologis. 

Salah satu alasannya adalah perubahan prioritas dan tanggung jawab yang kita hadapi seiring bertambahnya usia.

Saat masih muda, terutama selama masa sekolah dan kuliah, kita dikelilingi oleh banyak orang sebaya yang berbagi kegiatan dan minat yang sama. Pada tahap ini, memiliki banyak teman adalah hal yang umum dan dianggap penting untuk kehidupan sosial. 

Namun, seiring dengan masuknya kita ke dunia kerja dan memulai keluarga, waktu luang kita menjadi lebih terbatas dan prioritas kita pun berubah. 

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Daun Sage Bagi kesehatan, Salah Satunya untuk Kesehatan Gigi

BACA JUGA:Pantas Panjang Umur, Ternyata Ini Makanan yang Sering Dikonsumsi Orang Jepang

Tanggung jawab pekerjaan, kebutuhan keluarga, dan kewajiban lainnya membuat kita harus lebih selektif dalam memilih dengan siapa kita menghabiskan waktu.

Selain itu, kualitas pertemanan menjadi lebih penting dibandingkan kuantitas. Saat dewasa, kita lebih cenderung mencari hubungan yang dalam dan berarti daripada sekadar teman untuk bersenang-senang. 

Hubungan yang didasarkan pada kepercayaan, dukungan emosional, dan pengertian lebih dihargai daripada hubungan yang bersifat superfisial. 

Akibatnya, lingkaran sosial kita mungkin mengecil, tetapi hubungan yang tersisa cenderung lebih kuat dan bermakna.

Faktor lainnya adalah kemampuan kita untuk mengenali dan menyesuaikan diri dengan nilai dan tujuan pribadi kita. Saat muda, kita mungkin lebih toleran terhadap perbedaan dalam kepribadian dan nilai, namun seiring bertambahnya usia, kita menjadi lebih sadar akan siapa diri kita dan apa yang kita inginkan dalam hidup. 

Ini bisa membuat kita lebih selektif dalam memilih teman, hanya mempertahankan hubungan dengan orang-orang yang benar-benar sejalan dengan nilai dan tujuan kita.

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Bisa Bikin IQ Anak Menurun, Orangtua Wajib Hindari

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea Komedi yang Lucu, Dijamin Ngakak Edisi Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: