Difasilitasi Distan, Pusat Kabulkan Usulan Irigasi Pompa Air Kelompok Tani Mukomuko

Difasilitasi Distan, Pusat Kabulkan Usulan Irigasi Pompa Air Kelompok Tani Mukomuko

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Pitriani Ilyas--

BACA JUGA:Tahun Ini Diaspal, Dua Ruas Jalan Ditinjau Bupati Mukomuko di 2023

‘’Alhamdulillah, usulan itu diakomodir dan diperhatikan pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian,’’ kata Dodi. 

Dari informasi itu, pihaknya bakal ke Kementerian Pertanian untuk koordinasi lebih lanjut. Dengan harapan, pembangunan irigasi pompa air ini dapat terwujud pada Agustus mendatang. 

‘’Nanti kita tingkatkan koordinasi dengan pusat, semoga ini cepat terwujud,’’ kata Dodi. 

Ia menjelaskan, dengan irigasi perpipaan itu ada macam-macam yang bisa dibangun, bisa bangun bak penampung air, bisa untuk bangunan sadap, kemudian bisa untuk membeli pipa. 

"Bangunan irigasi perpipaan ini tujuannya untuk mengalirkan air dari sumber air ke sawah," ujarnya. 

Ia mengatakan, di wilayah Kecamatan Malin Deman ada sumber air terjun di Desa Talang Baru dan sumber air ini cukup besar apabila digunakan untuk pengairan sawah. 

Sementara itu, ia mengatakan, pembangunan irigasi perpipaan untuk pengairan sawah di Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman. 

Posisi sekarang ini, ada sumber air untuk mengalirkan air ke sawah tetapi butuh pipa, dan di lokasi tersebut belum ada saluran tersier, ada sebagian bangunan tersier masih tanah. 

‘’Untuk lebih lanjut, secara teknis pelaksanaan dapat diketahui setelah kontrak berjalan. Yang kita harapkan, program ini dapat cepat terlaksana untuk pemenuhan pengairan air sawah seperti diharapkan petani setempat,’’ demikian Dodi. * (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: