Benarkah Introvert Lebih Rentan Terhadap Stres Dibanding Ekstrovert? 5 Kemungkinan Penyebab dan Solusinya!

Benarkah Introvert Lebih Rentan Terhadap Stres Dibanding Ekstrovert? 5 Kemungkinan Penyebab dan Solusinya!

Benarkah Introvert Lebih Rentan Terhadap Stres Dibanding Ekstrovert? 5 Kemungkinan Penyebab dan Solusinya!-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID – Pernahkah Anda merasa lelah dan stres setelah seharian beraktivitas sosial? Hal ini mungkin lebih sering dialami oleh para introvert.

Berbeda dengan ekstrovert yang mendapatkan energi dari interaksi sosial, introvert justru membutuhkan waktu untuk menyendiri dan mengisi ulang energinya.Namun, tahukah Anda bahwa introvert lebih rentan terhadap stres dibandingkan ekstrovert?

BACA JUGA:Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Manfaat Daun Kopi Bagi Kesehatan dan Juga Kecantikan

BACA JUGA:Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membantu Mencerahkan Lutut dan Siku yang Menghitam, Tampil Lebih Percaya Diri

Mengapa demikian? Berikut 5 kemungkinan penyebabnya:

1. Terlalu Banyak Bersosialisasi

Bagi introvert, bersosialisasi bagaikan baterai yang terkuras. Menghabiskan banyak waktu bersama orang lain tanpa sempat menyendiri dapat menjadi sumber stres bagi mereka.

Analogi: Bayangkan baterai smartphone. Introvert seperti baterai yang memiliki kapasitas kecil. Jika digunakan seharian tanpa henti, baterainya akan cepat habis dan perlu waktu lama untuk diisi ulang.

Solusi:

 * Batasi waktu bersosialisasi: Luangkan waktu untuk diri sendiri dan lakukan aktivitas yang Anda sukai untuk mengisi ulang energi.

 * Pilih interaksi yang berkualitas: Lebih baik bertemu dengan beberapa teman dekat dalam waktu lama daripada banyak orang dalam waktu singkat.

 * Siapkan diri: Jika Anda harus menghadiri acara sosial, persiapkan diri dengan baik agar tidak merasa kewalahan.

2. Stimulasi Berlebih

Introvert lebih sensitif terhadap stimulasi eksternal seperti suara keras, keramaian, dan lampu terang. Hal ini dapat membuat mereka merasa kewalahan dan mudah stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: