Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya

Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya

Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya --

Tahun berikutnya PUPR bisa mengajukan di titik irigasi atau DI di daerah lainnya. Juga jumlahnya tidak bisa besar. Maka dipastikan juga tidak akan tuntas, sementara setelah itu harus menunggu 5 tahun lagi.

Ia akan coba minta petunjuk bupati untuk audensi dengen Kementerian PUPR terkait keleluasaan untuk mengajukan pekerjaan yang belum tuntas walaupun belum 5 tahun. 

Supaya apa, kesulitan petani pamakai air yang terkendala tidak masuknya air di lahan sawah mereka bisa diatasi tanpa harus menunggu 5 tahun.

"Yang ditakutkan, jika tidak cepat diselesaikan petani akan mengalihkan fungsikan lahannya. Karena bertahun tahun tidak dapat air," tegasnya. 

Termasuk bendung-bendung besar seperti bendung air selegan, bendung sungai gading dan lainnya. Sekarang sudah banyak yang rusak. Baik itu akibat banjir besar maupun kurangnya mendapatkan anggaran untuk pemeliharaan. 

Ini nanti akan dicoba tahun 2025 sengan mengubah beberapa item belanja operasional irigasi untuk menangani bendung. Selama ini anggaran belanja operasional irigasi itu hanya boleh untuk membersihkan siring kemudian tebas bayang. 

"Jadi sangat sempit item penanganannya. Makanya nanti akan kita coba rubah supaya dana itu juga bisa digunakan untuk penanganan bendung," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: