Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya

Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya

Dinas PUPR Siapkan Rp 2 Miliar Guna Tangani Irigasi di Selagan Raya --

RADARMUKOMUKO.COM - Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) Rp2 miliar khusus untuk pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di Kecamatan Selagan Raya.

Lokasi irigasi yang akan dibenahi yaitu, irigasi di Air Payang 2 Desa Talang Buai dengan nilai Rp 1 miliar lebih. Kemudian daerah irigasi (DI) Sungai Gading besar dengan nilai Rp 1 miliar lebih.

Dikatakan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Ir Apriansyah ST, MT item yang akan dibangun diantaranya irigasi Sungai Gading. Dimana di sana ada penanganan saluran, kemudian ada pembuatan talang air, lalu ada perbaikan mercu di bendungannya. 

Panjangnya lebih kurang 1 kilo meter fungsional, dan efektifnya sekitar 200 meter. Dan itu saluran yang rusak baik yang tertutup maupun yang terbuka.

BACA JUGA:Perkiraan Cuaca Sore Ini, Waspada Bagi Yang Ingin Bepergian di Wilayah Ini

BACA JUGA:Evaluasi dan Apresiasi Pelaksanaan Pilkada, Staf Ahli Bupati Beri Catatan ke KPU

Kemudian irigasi Air Payang 2, yaitu ada perbaikan bendung, kemudian penambahan perbaikan saluran dan juga ada pasangan batu. 

"Di dua titik ini ada beberapa pekerjaan, seperti pasangan batu untuk perbaikan tanggul yang sudah roboh," katanya.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Mukomuko mempunyai 14 DI untuk seluruh Kecamatan Selagan Raya, yang aktif ada 8 DI.

Untuk itu membutuhkan banyak anggaran untuk perbaikan seluruh jaringan irigasi yang ada di Kecamatan Selagan Raya. 

Selain itu, pihaknya juga mengaku menemui kendala. Salah satunya tidak bisa mengajukan usulan anggaran perbaikan jaringan irigasi dikarenakan ada ketentuan bahwa jika sudah mendapat anggaran tahun ini. Maka 5 tahun kedepan, tidak boleh diajukan lagi dititik atau di DI yang sama. 

"Sementara yang kita jadikan sasaran di tahun ini itu belum tuntas. Sehingga untuk melanjutkan harus menunggu 5 tahun. Inilah yang menjadi kendala kita untuk mengajukan jaringan irigasi ini tidak maksimal," paparnya.

BACA JUGA:BRI Hibah Barang Elektronik untuk Polres Mukomuko

BACA JUGA:Seluruh Camat dan Kades Diminta Basmi Sarang Nyamuk di Wilayahnya, Polri Siap Bantu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: