Obor Gembing Ghimbo Hiasi Malam Takbiran di Kota Mukomuko, Camat Kota: Terpusat di Bundaran Merdeka

Obor Gembing Ghimbo Hiasi Malam Takbiran di Kota Mukomuko, Camat Kota: Terpusat di Bundaran Merdeka

Obor Gembing Ghimbo Hiasi Malam Takbiran di Kota Mukomuko, Camat Kota: Terpusat di Bundaran Merdeka-Istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Obor gembing ghimbo bakal ditancapkan di kawasan Bundaran Merdeka, Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko pada malam takbiran menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1445 Hijriah tahun 2024. 

Camat Kota Mukomuko, Yulia, SE mengungkapkan, pemasangan obor gembing ghimbo pada malam takbiran didukung oleh pemerintah desa dan kelurahan serta unsur masyarakat Kota Mukomuko. 

‘’Setidaknya, ada 100 unit gembing ghimbo yang dipersiapkan untuk menghiasi malam takbiran nanti,’’ kata Yulia di Mukomuko. 

Gembing ghimbo ini merupakan alat penerang pengganti obor yang terbuat dari bahan baku tempurung (batok) kelapa dan bambu. Batok kelapa disusun secara vertikal dengan menggunakan jepitan bilah bambu. 

BACA JUGA:Jamaah Aolia Sudah Lebaran, Karena Sudah Telepon Langsung Tuhan

BACA JUGA:Surat Edaran Bupati Mukomuko, 4 OPD Ini Tetap Siaga Selama Cuti Bersama Idul Fitri 1445 Hijriah

Menurut Yulia, gembing ghimbo ini sebuah permainan tempo dulu yang telah menjadi tradisi. Biasanya dipasang atau ditancapkan masyarakat sebagai alat penerang pengganti obor di malam takbiran atau pada malam 27 Ramadhan. 

‘’Tujuan pemasangan gembing ghimbo ini, tiada lain untuk memeriahkan suasana malam takbiran. Di samping itu, juga membangkitkan kembali kearifan lokal tradisi masyarakat Mukomuko,’’ imbuhnya. 

Dalam menyukseskan kegiatan pemasangan gembing ghimbo ini, Pemerintah Kecamatan Kota Mukomuko berharap kerja sama dari pemuda, karang taruna dan unsur masyarakat lainnya. 

‘’Untuk menyukseskan kegiatan ini, kami berharap dukungan dari semua unsur masyarakat, terkhusus di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko,’’ demikian Yulia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: