Ini Nama Sayur Asem di Setiap Daerah yang Ada di Manca Negara, Berikut Resep Membuatnya

Ini Nama Sayur Asem di Setiap Daerah yang Ada di Manca Negara, Berikut Resep Membuatnya

Ini Nama Sayur Asem di Setiap Daerah yang Ada di Manca Negara, Berikut Resep Membuatnya--

RADARMUKOMUKO.COM - Sayur asem adalah salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Makanan ini berupa sayur rebus yang disiram dengan kuah yang asam dan segar. 

Biasanya disantap dengan lauk yang juga sederhana seperti tempe ataupun ikan. Sayur asem memiliki rasa yang gurih, pedas, dan manis.

Sayur asem merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, meskipun ada beberapa negara lain yang juga memiliki makanan serupa, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan China. Dikutip dari berbagai sumber sayur asem di Indonesia sendiri sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, ketika para pekerja di perkebunan mengolah sisa nasi yang sudah dingin dengan bumbu-bumbu sederhana. 

Sayur asem kemudian berkembang menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga presiden.

BACA JUGA:Berapa Banyak Jumlah Langkah yang Dilakukan Setiap Hari Agar Tubuh Tetap Sehat?

Sayur asem memiliki berbagai jenis, sesuai dengan daerah asalnya. Beberapa jenis sayur asem yang terkenal di Indonesia antara lain:

- Sayur asem Sunda:

Sayur asem Sunda adalah sayur asem khas Jawa Barat, yang menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur, seperti kacang panjang, labu siam, jagung, daun melinjo, dan buah melinjo. Sayur asem Sunda biasanya menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa.

- Sayur asem Jawa:

Sayur asem Jawa adalah sayur asem khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang menggunakan bumbu sederhana dan sayur yang lebih sedikit, seperti kangkung, kecambah, dan kacang panjang. Sayur asem Jawa biasanya menggunakan air biasa atau air asam untuk membuat kuahnya.

- Sayur asem Jakarta: 

Sayur asem Jakarta adalah sayur asem khas Betawi, yang menggunakan bumbu yang lebih pedas dan sayur yang lebih beragam, seperti kacang panjang, labu siam, jagung, daun melinjo, buah melinjo, kacang tanah, dan tahu. Sayur asem Jakarta biasanya menggunakan air asam jawa untuk membuat kuahnya.

- Sayur asem Bangka:

Sayur asem Bangka adalah sayur asem khas Bangka Belitung, yang menggunakan bumbu yang lebih manis dan sayur yang lebih eksotis, seperti kacang panjang, labu siam, jagung, daun melinjo, buah melinjo, nanas, dan terong. Sayur asem Bangka biasanya menggunakan air asam sunti untuk membuat kuahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: