Mengenal Lebih Dekat Nabi Idris dan Mukjizatnya yang Menjadi Bukti Kenabian

Mengenal Lebih Dekat Nabi Idris dan Mukjizatnya yang Menjadi Bukti Kenabian

Mengenal Lebih Dekat Nabi Idris dan Mukjizatnya yang Menjadi Bukti Kenabian--

RADARMUKOMUKO.COM - Nabi Idris adalah salah satu nabi Allah yang berasal dari keturunan Nabi Adam. Beliau diutus untuk berdakwah kepada kaumnya yang telah menyimpang dari ajaran Allah. Beliau juga diberi kitab suci Zabur yang berisi pujian, peringatan, dan kisah-kisah nabi. Nama Idris berarti "pemelajar" atau "peneliti".

Nabi Idris adalah seorang yang cerdas, saleh, dan taat kepada Allah. Beliau memiliki banyak ilmu pengetahuan dan keahlian. 

Dikutip dari berbagai sumber. beliau adalah orang pertama yang menulis dengan pena, menghitung dengan angka, mengukur dengan timbangan, menjahit dengan jarum, dan membuat baju dengan wol. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli dan Kesabarannya: Bagaimana Cara Menghadapi Ujian dan Cobaan dengan Zuhud?

Beliau juga mengajarkan manusia tentang astronomi, astrologi, matematika, kedokteran, dan filsafat.

Nabi Idris berdakwah kepada kaumnya dan mengajak mereka untuk beriman kepada Allah SWT. 

Beliau mengingatkan mereka tentang nikmat-nikmat yang Allah SWT berikan kepada mereka. 

Beliau juga memperingatkan mereka tentang azab yang akan menimpa mereka jika mereka tidak bertobat. 

Beliau berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Jika kalian tidak bertakwa, maka sesungguhnya aku khawatir akan menimpa kalian azab hari yang besar." (QS. Al-A'raf: 59)

Namun, kaumnya tidak mau mendengarkan dakwah Nabi Idris. Mereka menganggap Nabi Idris sebagai orang yang bodoh dan gila. Mereka juga menantang Nabi Idris untuk mendatangkan azab yang ia ancamkan. Mereka berkata, "Wahai Idris, kamu tidak membawa kepada kami suatu bukti yang nyata dan kami tidak akan meninggalkan tuhan-tuhan kami karena ucapanmu. Kami tidak percaya kepadamu. Datangkanlah kepada kami azab yang kamu janjikan jika kamu termasuk orang yang benar." (QS. Hud: 53-54)

BACA JUGA:Nabi Lut, Sang Rasul yang Diselamatkan dari Hujan Batu

Allah SWT menguji Nabi Idris dengan mengangkatnya ke langit tanpa melalui kematian. 

Allah SWT memberikan Nabi Idris kesempatan untuk melihat surga dan neraka. 

Allah SWT juga memberikan Nabi Idris ilmu yang lebih banyak dan tinggi. Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 56-57 yang artinya: "Dan sebutkanlah (hai Muhammad) di dalam Al Quran (kisah) Idris. Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat benar lagi seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke tempat yang tinggi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: