Nabi Lut, Sang Rasul yang Diselamatkan dari Hujan Batu

Nabi Lut, Sang Rasul yang Diselamatkan dari Hujan Batu

Nabi Lut, Sang Rasul yang Diselamatkan dari Hujan Batu--

RADARMUKOMUKO.COM - Nabi Lut adalah salah satu rasul Allah yang berasal dari keturunan Nabi Ibrahim. 

Beliau diutus untuk berdakwah kepada kaum Sodom dan Gomorah, sebuah kota besar di tepi Laut Mati, sekarang termasuk wilayah Palestina. 

Beliau juga diberi kitab suci Zabur yang berisi pujian, peringatan, dan kisah-kisah nabi. Salah satu mukjizat Nabi Lut yang terkenal adalah diselamatkan dari hujan batu yang menimpa kaumnya.

Kaum Sodom dan Gomorah adalah kaum yang kaya, kuat, dan makmur. Mereka memiliki banyak harta, tanah, ternak, dan bangunan-bangunan yang megah. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Hud, Kaum Ad Tidak Percaya dengan Ajarannya dan Minta Turunkan Azab, Hasil Jadi Begini

Namun, mereka tidak bersyukur kepada Allah SWT. Mereka menyembah berhala-berhala yang bernama Samud dan Alhattar. Mereka juga sombong, zalim, dan mengganggu orang-orang yang lemah.

Nabi Lut berdakwah kepada kaum Sodom dan Gomorah dan mengajak mereka untuk beriman kepada Allah SWT. 

Beliau mengingatkan mereka tentang nikmat-nikmat yang Allah SWT berikan kepada mereka. Beliau juga memperingatkan mereka tentang azab yang akan menimpa mereka jika mereka tidak bertobat. 

Beliau berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Jika kalian tidak bertakwa, maka sesungguhnya aku khawatir akan menimpa kalian azab hari yang besar." (QS. Al-A'raf: 80)

Namun, kaum Sodom dan Gomorah tidak mau mendengarkan dakwah Nabi Lut. 

Mereka menganggap Nabi Lut sebagai orang yang bodoh dan gila. Mereka juga menantang Nabi Lut untuk mendatangkan azab yang ia ancamkan. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Yunus Mulai Ketika Ditelan Ikan Besar Hingga Jaring Laba-Laba dan keberadaan Pohon Sindur

Mereka berkata, "Wahai Lut, kamu tidak membawa kepada kami suatu bukti yang nyata dan kami tidak akan meninggalkan tuhan-tuhan kami karena ucapanmu. Kami tidak percaya kepadamu. Datangkanlah kepada kami azab yang kamu janjikan jika kamu termasuk orang yang benar." (QS. Hud: 53-54)

Mukjizat Nabi Lut adalah kemampuannya untuk diselamatkan dari azab Allah SWT yang menimpa kaumnya atas izin-Nya. Allah SWT mengabulkan doa Nabi Lut dan mengirimkan azab kepada kaum Sodom dan Gomorah berupa hujan batu yang dahsyat. Hujan batu itu membuat tanaman, ternak, dan manusia mati seketika. Hujan batu itu juga membuat bangunan-bangunan dan kota-kota mereka hancur berantakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: