HUT ke 78 PGRI, Bupati Mukomuko: Guru Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pembangunan Sumber Daya Manusia

HUT ke 78 PGRI, Bupati Mukomuko: Guru Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pembangunan Sumber Daya Manusia

HUT ke 78 PGRI, Bupati Mukomuko: Guru Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pembangunan Sumber Daya Manusia--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMBupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA. CPI mengungkapkan, guru merupakan garda terdepan dalam mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) anak negeri. Organisasi PGRI adalah mitra terbaik pemerintah dalam mendukung kemajuan pendidikan. 

Hal ini disampaikan Bupati Sapuan pada acara sarasehan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 PGRI Kabupaten Mukomuko tahun 2023 di Gedung Guru, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Rabu, 15 November 2023. 

BACA JUGA:Bupati Buka Kegiatan Sarasehan HUT ke 78 PGRI Kabupaten Mukomuko 2023

‘’Guru melahirkan orang-orang cerdas, orang hebat. Guru ujung tombak pemerintah dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia. Di samping itu, ada organisasi PGRI, yang senantiasa menjadi mitra terbaik pemerintah dalam mewujudkan pembangunan pendidikan bermutu dan berkualitas,’’ ungkap Bupati Sapuan.  

Bupati Mukomuko, H. Sapuan bergharap momentum peringatan HUT PGRI tahun ini, ia berharap dapat dimaknai sebagai momentum untuk berbenah ke arah yang lebih baik lagi. Baik dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan maupun kompetensi para guru selaku tenaga pendidik.  

‘’Pertama, kita mengucapkan selamat HUT PGRI ke 78. Semoga ke depan semakin baik lagi, dengan cara apa? Dengan cara guru membuka diri dan punya keinginan yang sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan meningkatkan kompetensi para guru. Sehingga dapat ditularkan kepada siswa siswi yang ada di Kabupaten Mukomuko,’’ ungkapnya.

Masih disampaikan Bupati Sapuan. Perlu diketahui, bahwasanya pembangunan tidak hanya terpaku pada fisik. Akan tetapi, pembangunan yang lebih penting adalah pembangunan non fisik, berupa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

‘’Saya katakan, pembangunan sumber daya manusia lebih penting dari pada pembangunan fisik. Paradigma ini yang perlu diubah di daerah, jika daerah kita betul-betul menginginkan kemajuan yang pesat,’’ tegasnya.

Sebagai contoh, kata Bupati Sapuan, pasca perang dunia ke 2.  Jepang mengalami kesulitan, infrastruktur hancur lebur. Sektor perekonomian di negara Sakura itu merosot jauh. 

Oleh pemerintah setempat, untuk memulihkan sektor perekonomian dan membangun kembali negerinya. Yang paling utama yang dibangun adalah sumber daya manusianya. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tetapkan Peta Administrasi RTRW 2023 – 2024, Disetujui Bersama

‘’Kalau kita lihat sejarah perang dunia ke dua di Jepang. Jepang ketika itu semuanya hancur lebur secara fisik, tetapi bagaimana cara Jepang secara cepat mengembalikan ekonominya, menguasai ekonomi, apa yang diperbaiki terdahulu, Sumber Daya Manusia. Siapa yang memperbaiki itu semua, tentu bapak ibu guru,’’ ujarnya. 

Di sini pentingnya peran guru. Guru melahirkan orang-orang hebat. Orang-orang cerdas. Untuk itu, ia berharap guru melalui perannya, terus dapat memberikan yang terbaik kepada siswa-siswi sekolah. Memacu kualitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidiknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: