Wisata Kuliner Khas Palembang, Nikmati Ragam Makanan dari Pempek hingga Kue Maksuba

Wisata Kuliner Khas Palembang, Nikmati Ragam Makanan dari Pempek hingga Kue Maksuba

Wisata Kuliner Khas Palembang, Nikmati Ragam Makanan dari Pempek hingga Kue Maksuba--

RADARMUKOMUKO.COM - Palembang merupakan kota terbesar di Sumatera Selatan yang memiliki banyak pesona, baik dari segi wisata, sejarah, maupun kuliner

Kuliner khas Palembang dikenal memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah, gurih, dan pedas. 

Salah satu kuliner yang paling identik dengan Palembang adalah pempek, yaitu makanan dari daging ikan dan tepung sagu yang digoreng atau dikukus, kemudian disajikan dengan cuka manis yang bercampur cabai, bawang putih, dan gula merah.

BACA JUGA:Singkong Bukan Saja Enak Dimakan, Tapi Jadi Syair Lagupun Enak Didengar Aku Ini Anak Singkong, Liriknya Disini

BACA JUGA:Sederhana Tapi Bikin Boros Nasi, Resep Tumis Kangkung Terasi Ini Tak Pernah Bikin Bosan

Namun, Palembang tidak hanya memiliki pempek sebagai kuliner khasnya. Ada banyak makanan dan minuman lain yang juga menjadi ciri khas kota ini, seperti tekwan, mie celor, pindang, martabak har, lempok durian, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini:

- Tekwan: 

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang berupa bakso ikan yang direbus dengan kuah kaldu udang yang bercampur dengan jamur kuping, bihun, seledri, dan bawang goreng. Tekwan memiliki rasa yang gurih, segar, dan sedikit manis. Tekwan biasanya disantap dengan sambal dan kerupuk. Salah satu tempat yang terkenal menjual tekwan adalah Tekwan Pak Edi yang berlokasi di Jalan Radial, 24 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

- Mie Celor:

Mie celor adalah makanan khas Palembang yang berupa mie kuning tebal yang direbus dengan kuah santan dan kaldu udang yang kental. Mie celor disajikan dengan tauge, telur rebus, seledri, bawang goreng, dan jeruk nipis. Mie celor memiliki rasa yang gurih, krem, dan sedikit asam. Mie celor biasanya disantap dengan sambal dan kerupuk. Salah satu tempat yang terkenal menjual mie celor adalah Mie Celor 26 Ilir H. Mahmud yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 926, 26 Ilir, Palembang.

- Pindang:

Pindang adalah masakan khas Palembang yang berupa ikan yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, asam jawa, garam, dan gula. Pindang memiliki rasa yang asam, pedas, dan gurih. 

Pindang biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal. Ada berbagai jenis pindang, seperti pindang patin, pindang baung, pindang ikan gabus, dan lain-lain. Salah satu tempat yang terkenal menjual pindang adalah Pindang Musi Rawas yang berlokasi di Jalan Musi Rawas No. 8, Palembang.

- Martabak Har:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: