Mukjizat Nabi Isa AS Berbicara Saat Masih Bayi: Keajaiban, Makna, dan Bukti Sejarah

Mukjizat Nabi Isa AS Berbicara Saat Masih Bayi: Keajaiban, Makna, dan Bukti Sejarah

Mukjizat Nabi Isa AS Berbicara Saat Masih Bayi: Keajaiban, Makna, dan Bukti Sejarah--

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu mukjizat Nabi Isa AS yang paling mengejutkan dan mengagumkan adalah berbicara saat masih bayi. 

Peristiwa ini terjadi saat Nabi Isa AS dilahirkan oleh ibunya, Maryam, tanpa seorang ayah. 

Nabi Isa AS adalah utusan Allah SWT yang membawa kitab Injil dan berdakwah kepada kaum Bani Israil dan bangsa-bangsa lain, yang saat itu banyak yang menyembah berhala dan menyekutukan Allah SWT.

Peristiwa mukjizat Nabi Isa AS berbicara saat masih bayi ini diriwayatkan dalam Al-Qur'an, surat Maryam ayat 27-33, yang berbunyi:

فَأَتَتْ بِهِ قَوْمَهَا تَحْمِلُهُ ۖ قَالُوا يَا مَرْيَمُ لَقَدْ جِئْتِ شَيْئًا فَرِيًّا (27) يَا أُخْتَ هَارُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ امْرَأَ سَوْءٍ وَمَا كَانَتْ أُمُّكِ بَغِيًّا (28) فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا (29) قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا (30) وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا (31) وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا (32) وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا (33)

"Maka Maryam membawa anak itu (Isa) kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata, \"Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar. (27) Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina.\" (28) Maka Maryam menunjuk kepada anaknya (Isa). Mereka berkata, \"Bagaimana kami akan berbicara dengan seorang anak yang masih di dalam ayunan?\" (29) Berkata Isa, \"Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. (30) Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup. (31) Dan Dia menjadikan aku seorang yang berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. (32) Dan kesejahteraan semoga tetap menyertai aku pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari aku dibangkitkan kembali.\" (33)"

BACA JUGA:Tentara Nabi Sulaiman AS dan Mukjizatnya, Bukan Manusia Tapi Mereka Bekerja Teratur dan Tertib Siapa Mereka ?

Dari ayat-ayat di atas, kita dapat mengetahui bagaimana Nabi Isa AS berbicara saat masih bayi untuk membela ibunya, Maryam, dari fitnah dan tuduhan kaumnya. Nabi Isa AS juga mengumumkan bahwa ia adalah hamba Allah SWT, nabi, dan pembawa kitab Injil. Nabi Isa AS juga menyatakan bahwa ia adalah seorang yang diberkahi, berbakti, dan saleh. Peristiwa ini menunjukkan keajaiban Allah SWT yang tidak ada bandingannya, dan kebenaran Maryam dan Nabi Isa AS yang tidak dapat diragukan.

Peristiwa mukjizat Nabi Isa AS berbicara saat masih bayi ini juga mendapat pengakuan dari beberapa sumber sejarah dan agama lain, seperti Injil, Talmud, dan Hadits. Dalam Injil, yang merupakan kitab suci agama Kristen, disebutkan bahwa Nabi Isa AS lahir dari Maryam yang masih perawan, tanpa seorang ayah. Injil juga menyebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah putra Allah, yang diutus untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa. Namun, pandangan ini bertentangan dengan ajaran Islam, yang menyatakan bahwa Nabi Isa AS adalah hamba Allah SWT, nabi, dan rasul, bukan putra Allah SWT.

Dalam Talmud, yang merupakan kitab suci agama Yahudi, disebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah anak haram dari Maryam, yang berzina dengan seorang tentara Romawi bernama Pandera. Talmud juga menyebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah seorang penyihir, yang belajar ilmu sihir di Mesir. 

Namun, pandangan ini juga bertentangan dengan ajaran Islam, yang menyatakan bahwa Nabi Isa AS adalah anak suci dari Maryam, yang dilahirkan tanpa seorang ayah. Nabi Isa AS juga bukan seorang penyihir, tetapi seorang nabi, yang diberi mukjizat oleh Allah SWT.

BACA JUGA:DPMD Mukomuko: Realisasi Dana Desa 20 Persen untuk Ketahanan Pangan Tetap Dievaluasi

Dalam Hadits, yang merupakan sumber hukum dan ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an, disebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah salah satu dari lima nabi ulul azmi, yaitu nabi-nabi yang memiliki keteguhan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyampaikan risalah Allah SWT. Hadits juga menyebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah salah satu dari empat nabi yang diberi kitab suci, yaitu Injil. Hadits juga menyebutkan bahwa Nabi Isa AS adalah salah satu dari dua nabi yang masih hidup, yaitu Nabi Isa AS dan Nabi Khidir AS. Hadits juga menyebutkan bahwa Nabi Isa AS akan turun kembali ke bumi pada akhir zaman, untuk membunuh Dajjal dan memimpin umat Islam.

BACA JUGA:Mukjizat Nabi Musa AS Membelah Laut, Ini Cara Allah Menunjukan Kebesaranya, Lengkapnya Baca Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: