6 Tradisi Madura Yang Ditunggu-tunggu Pengunjung Setiap Tahun

6 Tradisi Madura Yang Ditunggu-tunggu Pengunjung Setiap Tahun

6 Tradisi Madura Yang Ditunggu-tunggu Pengunjung Setiap Tahun--

RADARMUKOMUKO.COM - Setiap daerah di Indonesia dikenal memiliki berbagai tradisi unik dan mengagumkan hingga ditunggu-tunggu para pengunjung. Salah satunya madiri yang dihuni Suku Madura memiliki berbagai tradisi unik, menarik hingga menegangkan. 

Tradisi ini kadang bukan hanya dimainkan di Madura tapi juga daerah lain, karena orang-orang Madura tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata di Danau Toba Yang Harus Didatangi, Gunung Hingga Air Terjun

BACA JUGA:Super Pulen, Begini Resep Jajanan Tradisional Kue Awug Kelapa Gula Merah yang Manis dan Gurih

Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa tradisi suku Madura:

Ritual Ojung

Kedua peserta Ojung berlomba saling memukul tubuh lawan dengan rotan. Mulanya Tradisi Ojung berasal dari Sumenep, hingga menyebar ke Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Surabaya, Malang, hingga Lumajang. 

Pertarungan yang dilakukan dua orang pria dianggap sebagai permohonan. Sedangkan mereka percaya, luka dan darah yang mengalir ialah wujud kesungguhan yang nyata dalam meminta hujan. 

Terlepas itu, nilai spiritual dan kekeluargaan tertanam dalam pagelaran Ojung.

Ter-ater 

Mengantar makanan pada tetangga dan orang-orang dekat serta masyarakat lainnya, biasa dilakukan oleh warga di berbagai daerah, terutama pada saat lebaran idul fitri.

Di Madura mengatar makanan sudah menjadi tradisi yang melekat, dimana tradisi ini disebut ter-ater. Mereka melakukannya bukan hanya saat Idul fitri, tetapi pada hari-hari tertentu lainnya. 

Uniknya lagi, ayam yang digunakan sebagai bahan memasak untuk dibagikan orang Madura akan disemblik sendiri. Orang Madura punya ciri khas memelihara ayam, itik, atau bebek di belakang rumah mereka. Ayam atau daging sapi menjadi salah dua lauk yang biasa dibagi-bagikan kepada tetangga.

Selain itu, ada masakan pendamping, seperti bihun kecap atau serundeng, yang ditata rapi bersama nasi putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: