Cilok, Jajanan Murah Meriah yang Bisa Jadi Variasi Camilan, Begini Cara Membuatnya

Cilok, Jajanan Murah Meriah yang Bisa Jadi Variasi Camilan, Begini Cara Membuatnya

Cilok, Jajanan Murah Meriah yang Bisa Jadi Variasi Camilan, Begini Cara Membuatnya--

RADARMUKOMUKO.COM - Cilok adalah salah satu jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu. Cilok memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih yang cocok untuk disantap bersama sambal atau saus. 

Namun, banyak orang yang mengeluh bahwa cilok yang mereka buat di rumah sering keras dan tidak enak. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat cilok anti gagal dan nikmat olahan rumahan, berikut ini kami sajikan berita lengkap dan menarik tentang cara membuat cilok anti gagal dan nikmat olahan rumahan.

BACA JUGA:Baru Tau Cara Membuat Kripik Singkong Renyah Dimakan Tidak Lengket Digoreng, Cukup Tambahkan Bumbu Dapur Ini

BACA JUGA:Ini Resep Burger Nasi Tempe dengan Sambal Matah, Dijamin Bikin Kenyang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cilok, yaitu bahan, cara mengolah, dan cara menggoreng. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

Bahan:

Bahan utama untuk membuat cilok adalah tepung tapioka. Tepung tapioka memiliki sifat kenyal dan elastis yang cocok untuk membuat cilok. 

Selain itu, tepung tapioka juga mudah didapat dan murah. Bahan lain yang dibutuhkan adalah tepung terigu, bawang putih, garam, merica, kaldu bubuk, daun bawang, dan air mendidih.

Tepung terigu berfungsi untuk memberi kelembutan pada cilok. Bawang putih, garam, merica, dan kaldu bubuk berfungsi untuk memberi rasa pada adonan cilok. 

Daun bawang berfungsi untuk memberi warna dan aroma pada cilok. Air mendidih berfungsi untuk memasak tepung tapioka sebagian sehingga adonan menjadi kalis.

Cara mengolah

Cara mengolah adonan cilok cukup mudah. Pertama, haluskan bawang putih dengan blender atau ulekan. Kedua, campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, garam, merica, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah. Ketiga, tuangkan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. 

BACA JUGA:Djulaeha Karmita, Pejuang Perempuan Cimahi di Medan Perang Yang Tak Banyak Dikenal

BACA JUGA:Kekinian, Ini Dia Resep Cookies Jagung Keju Simpel dan Menggoda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: