Mukomuko Dukung Rencana BPTD Bangun Jembatan Timbang

Mukomuko Dukung Rencana BPTD Bangun Jembatan Timbang

Mukomuko Dukung Rencana BPTD Bangun Jembatan Timbang --Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMOnline.id

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO menyatakan mendukung rencana Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) bangun jembatan timbang di MUKOMUKO, dengan menyediakan lahan lokasi pembangunan. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko, Sirat Purnama mengungkapkan, atas rencana tersebut, Pemkab Mukomuko akan menyediakan separuh lahan di real Rest Area Pantai Punggur, Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko. 

‘’Saat ini, lahan yang disediakan untuk lokasi pembangunan jembatan timbang itu tinggal menunggu pengurusan sertifikat tanah oleh pihak BKD,’’ kata Sirat Purnama di Mukomuko. 

Pembangunan jembatan timbang ini bertujuan untuk pencatatan dan pengawasan lalu lintas angkutan barang di ruas jalan nasional. 

BACA JUGA:Dinas PUPR Cek Kesiapan Pembangunan 5 Ruas Jalan Anggaraan 2025

BACA JUGA:Dinkes Mulai Susun Struktur Rumah Sakit Pratama Ipuh, Ambulan Sudah Tersedia

Dikatakan Sirat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun jembatan timbang di Kabupaten Mukomuko sebagai upaya melindungi jalan dari kendaraan melebihi tonase yang melintas di wilayah perbatasan provinsi itu dengan Provinsi Sumatera Barat.

Ia mengatakan, pemerintah daerah melalui Badan Keuangan Daerah saat ini sedang menyiapkan hibah sebagian tanah di rest area untuk lokasi pembangunan jembatan timbang di daerah ini. 

"Sertifikat tanah itu nantinya atas nama Kementerian Perhubungan, lalu pihak kementerian yang membangun jembatan timbang tersebut," ujarnya. 

Kepala BPTD Kelas III Bengkulu Taufik Erfin sebelumnya mengatakan kalau itu nanti memang mau dibangun ada mekanisme penyerahan lahan ke Kementerian Perhubungan, kemudian pembangunannya harus ada studi lengkap, setelah itu baru dibangun.

BACA JUGA:Rekrutmen CASN PPPK Pemkab Mukomuko 2024, Pendaftaran Dibuka untuk 850 Formasi

BACA JUGA:Jalan Gang Becek, SP10 dan Ruas Pantai Indah Mukomuko Skala Prioritas Aspal 2025

Setelah ada jembatan timbang, katanya, pengawasan jalan menjadi jadi baik karena di Provinsi Bengkulu khususnya di wilayah utara kendaraan CPO masuk ke situ, selanjutnya jalan di Mukomuko terarah dan bagus.

Untuk pelaksanaannya, ia mengatakan, paling tidak tahapannya di periode pertama Prabowo sudah bisa dibangun karena di sana juga ada proses penyerahan lahan, pembuatan studi, pengusulan anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: