Bagi Pemula Yang Ingin Membuat Bakso No 5 Cara Merebus Bakso yang Benar, 7 Langkah Langsung Bisa

Bagi Pemula Yang Ingin Membuat Bakso No 5 Cara Merebus Bakso yang Benar, 7 Langkah Langsung Bisa

Bagi Pemula Yang Ingin Membuat Bakso No 5 Cara Merebus Bakso yang Benar, 7 Langkah Langsung Bisa--

3. Gunakan garam kasar sebagai bahan pengenyal alami untuk adonan bakso. Garam kasar mengandung alkali yang baik dan banyak sebagai pengental alami bakso sapi. Tambahkan garam kasar sesuai takaran ke dalam adonan bakso yang sudah diblender lembut bersama dengan bumbu-bumbu lainnya. 

Jika dirasa kurang kenyal, Anda bisa juga menambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan bakso. Baking powder akan membantu menghasilkan gas karbon dioksida saat direbus, sehingga membuat bakso menjadi lebih empuk dan kenyal.

4. Cetak bakso dengan bantuan dua buah sendok makan. Ambil sedikit adonan bakso dengan sendok makan, lalu genggam di tangan dan agak-agak ditekan dan jepit perlahan keluar dari arah jempol dan telunjuk. Lalu sendok perlahan hingga berbentuk bulat. Ulangi langkah ini sampai adonan bakso habis. Jangan terlalu banyak mengambil adonan bakso sekaligus, karena bisa membuat cetakan bulat bakso menjadi tidak rata atau tidak bulat sempurna.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah, Ternyata Cuma Konsumsi Minuman Ini

BACA JUGA:Gurih dan Pedas, Ini Resep Rubik Balado Ikan Asin Menu Sederhana Bareng Keluarga di Rumah

5. Rebus bakso dengan cara yang benar agar tidak hancur atau pecah saat direbus. Siapkan panci berisi air dan panaskan sampai mendidih. Matikan kompor dan masukkan cetakan bulat bakso ke dalam air mendidih yang apinya dimatikan (agar tidak lembek). 

Tunggu hingga bakso mengapung, kemudian nyalakan kembali kompor dengan api kecil (agar kenyal) selama 5 menit. Angkat bakso dari air rebusan dan tiriskan airnya. Jangan terlalu lama merebus bakso, karena bisa membuat tekstur bakso menjadi keras atau kering.

6. Sajikan bakso sesuai selera Anda. Anda bisa menikmati bakso dengan kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih, atau dengan saus tomat atau sambal yang pedas. 

Anda juga bisa menambahkan mie, bihun, tahu, atau sayuran sebagai pelengkap hidangan bakso Anda. Bakso juga bisa disajikan dengan berbagai macam topping, seperti keju, telur, bakso goreng, atau bakso urat.

7. Simpan sisa bakso yang tidak habis dimakan di dalam freezer. Bakso buatan sendiri bisa bertahan lama jika disimpan di dalam freezer dalam wadah tertutup rapat. 

Jika ingin mengonsumsi lagi, Anda tinggal merebusnya kembali sampai panas atau menggorengnya sampai garing. Anda juga bisa membuat variasi hidangan lain dengan bakso beku, seperti bakso kuah jamur, bakso bakar kecap, atau bakso tumis sayur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: