6 Suku di Indonesia Dikenal Sakti Karena Punya Ilmu Mistik, Dari Sumatera Hingga Papua

6 Suku di Indonesia Dikenal Sakti Karena Punya Ilmu Mistik, Dari Sumatera Hingga Papua

6 Suku di Indonesia Dikenal Sakti Karena Punya Ilmu Mistik, Dari Sumatera Hingga Papua --

Suku Gayo 

Suku Gayo di Aceh memiliki garis keturunan suku Gayo lebih dekat dengan suku "Batak 27". Nyaris serupa dengan suku Batak, suku Gayo juga terkenal memiliki ilmu mistis yang sangat kental, walaupun tak sekuat suku Batak. 

Meskipun hampir sebagian besar masyarakat Gayo adalah pemeluk ajaran Islam namun kehidupan yang diiringi dengan hal-hal mistis ini sudah mendarah daging dan sulit untu dilepaskan dari hari-hari Suku Gayo.

Ikatan yang kuat antara masyarakat Gayo dan ilmu mistis, dipengaruhi oleh tingginya kecemburuan sosial yang ada dilingkungan sosial dari masyarakat Gayo sendiri pada masa dulunya. 

Di wilayah yang banyak didiami oleh Suku Gayo, akan dijumpai banyak sekali dukun atau paranormal, hal ini disebabkan karena masyarakat Gayo lebih mempercayai pengobatan alternatif daripada dokter ataupun rumah sakit, tapi meski sangat mempercayai hal-hal yang berbau mistis. 

Sama halnya dengan Suku Batak, masyarakat Gayo juga sangat mementingkan pendidikan anak-anaknya, hanya saja sedikit berbeda dari Suku Batak yang mengistimewakan anak laki-laki, Suku Gayo menyamaratakan kebutuhan pendidikan bagi putra maupun putri mereka.

Suku Kajang Amma Toa 

Terus di Pulau Sulawesi di pulau yang mayoritas di huni oleh orang Bugis ini terdapat sebuah suku yang sangat terkenal memiliki hubungan yang kental dengan hal-hal yang berbau mistis, nama suku itu adalah Suku kajang Amma Toa. 

Sangking tersohornya kemampuan Mistis dari suku ini, jika kalian bertanya pada orang Sulawesi tentang Suku ini, maka yang pertama akan terlintas di benak mereka adalah Ilmu Gaib dan Guna-Guna. 

Hal-hal yang berbau mistis masih dianggap sebagai sesuatu yang wajar bagi suku Kajang, karena Faham animisme yang begitu melekat pada suku ini. Faham animisme ini tetap sulit lepas dari jati diri suku Kajang walaupun kini kebanyakan dari suku ini adalah pemeluk agama Islam.

BACA JUGA:Hanya Suku Bugis Miliki 5 Gender, Pria, Wanita, Calalai, Calabai dan Bissu

BACA JUGA:Cobain Kuliner Tradisional Khas Suku Sasak Satu Ini, Kue Cerorot Dijamin Bikin Ketagihan

Karena reputasi dari kekuatan mistis dari suku Kajang yang sudah terkenal di seantero Sulawesi, banyak orang di luar suku ini yang tinggal di Sulawesi akan merasa was-was jika ada orang dari suku Kajang yang jatuh hati pada mereka.

Selain itu suku yang terkenal dengan ilmu kebal terhadap senjata tajam ini, juga pernah di rumorkan bisa melunakkan temgkorak manusia dalam sekejab mata dengan ilmu mistis yang mereka miliki.

Suku Asmat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: