Tips Memasak Kolak Singkong Sederhana Versi Emak di Kampung, Hasilnya Lembut dan Merekah, Mantap Dimakan

Tips Memasak Kolak Singkong Sederhana Versi Emak di Kampung, Hasilnya Lembut dan Merekah, Mantap Dimakan

Tips Memasak Kolak Singkong Sederhana Versi Emak di Kampung, Hasilnya Lembut dan Merekah, Mantap Dimakan--

- Garam secukupnya

- Centong ukuran panjang dengan tangkai kayu

BACA JUGA:Tidak Harus ke Semarang, Coba Ikuti Resep Berikut Ini Untuk Membuat Soto Ayam Khas Semarang Dijamin Nikmat

BACA JUGA:Bisa Jadi Ide Jualan, Begini Cara Membuat Sosis Keju Leleh yang Lezat

Setelah semua bahan dan peralatan disiapkan, mulai proses memasak. Untuk masak sendiri ada tiga cara yang bisa dilakukan:

1. Rebus air sampai mendidih lebih dahulu, baru masukkan semua bahan yang sudah disiapkan, seperti garam, gula, santan, daun pandan dan bumbu yang diinginkan lainnya. Setelah itu diaduk-aduk agar santan merata dan tidak mengumpal. Selanjutnya masukkan singkong, hingga matang.

2. Cara keduanya langsung masukkan santan, daun pandan, gula dan garam secukupnya dalam panci atau dandang tempat masak lalu masukkan air bersih lebih banyak. Setelah itu langsung dimasak sampai mendidik dan diaduk-aduk agar santan tidak mengumpal dan gulanya mencair. Setelah mendidih baru masukkan singkong dan masakkan sampai matang

3. Cara ketiga yang paling simpel adalah, masukan singkong dalam panci atau dandang masak, lalu masukkan bumbu seperti garam, gula, daun pandan dan bumbu lain yang diinginkan, lalu masukkan air lebih banyak dan diaduk-aduk biar rata. Setelah itu langsung dimasakkan di kompor dengan api yang agar besar. Sampai mendidih terus diaduk dengan centong yang disiapkan agar menjaga santan tidak mengumpal dan semua gula dan garam mencair.

Setelah matang tinggal dinginkan dan siap di hidang, boleh ditambah mentega atau penyedap lain ditambur di atas kolak yang sudah dihidangkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: