Ini Cara Memilih Ikan Segar di Pasar, Cukup Perhatikan Beberapa Bagian Ini Agar Tidak Menyesal

Ini Cara Memilih Ikan Segar di Pasar, Cukup Perhatikan Beberapa Bagian Ini Agar Tidak Menyesal

Ini Cara Memilih Ikan Segar di Pasar, Cukup Perhatikan Beberapa Bagian Ini Agar Tidak Menyesal--

RADARMUKOMUKO.COM - Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan protein hewani, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak. 

Selain itu, ikan juga memiliki rasa yang lezat dan gurih yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari ikan bakar, ikan goreng, ikan asam manis, hingga pepes ikan. Namun, untuk mendapatkan manfaat dan cita rasa terbaik dari ikan, kita harus bisa memilih ikan yang segar dan berkualitas saat membelinya di pasar.

Memilih ikan segar di pasar mungkin terlihat mudah, tapi sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak tertipu oleh penjual. 

BACA JUGA:12 Produk Asal Israel Yang Diboikot di Berbagai Belahan Dunia, Alat Komputer Hingga Olahraga

BACA JUGA:Jagung, Tanaman Ajaib yang Bisa Tumbuh di Setiap Benua

Pasalnya, ada beberapa penjual yang sengaja menyembunyikan keadaan ikan yang sudah tidak segar dengan cara menyiramnya dengan air es atau mencampurnya dengan ikan segar. Jika kita tidak teliti, kita bisa saja membeli ikan yang sudah tidak segar dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan atau keracunan makanan.

Lalu, bagaimana cara memilih ikan segar di pasar dengan benar? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih ikan segar di pasar, seperti dilansir dari beberpa sumber diantaranya

- Perhatikan mata ikan

Mata ikan yang segar biasanya tampak terang, jernih, dan menonjol. 

Bagian putih matanya juga berwarna putih kekuningan tanpa ada bercak merah. 

Sebaliknya, mata ikan yang tidak segar tampak mengerut dan keruh. Bagian mata yang seharusnya berwarna putih kekuningan juga berubah warna menjadi kemerahan.

- Periksa insang ikan

Angkatlah penutup insang pada sisi kepala ikan. Ikan yang baru ditangkap memiliki insang berwarna merah segar dan tampak bersih. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitanya. Insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain menandakan bahwa kualitas ikan telah menurun.

- Amati kulit dan sisik ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: