Yurike Sanger Siswi Yang SMA Cantik, Masuk Islam Demi Menikah Dengan Soekarno

Yurike Sanger Siswi Yang SMA Cantik, Masuk Islam Demi Menikah Dengan Soekarno

Yurike Sanger Siswi Yang SMA Cantik, Masuk Islam Demi Menikah Dengan Soekarno--

RADARMUKOMUKO.COM - Diketahui, Ir. Soekarno presiden pertama Indonesia yang juga bapak proklamator Indonesia, memiliki 9 istri yang tercatat dalam sejarah perjalan hidupnya, tentu juga perjalanan bangsa.

Dengan setiap istrinya, Bung Karno memiliki kisah cinta yang menarik dan unik untuk diketahui. Salah satunya kisah cinta Soekarno dengan, Yurike Sanger.

Merujuk dari berbagai sumber sejarah dan konten salah satunya, kontenislam.com,  Yurike Sanger dinikahi Soekarno pada 1964, setelah setahun berkenalan yakni di tahun 1963.

Sebelum menikah dengan Soekarno, Yurike Sanger diketahui seorang nasrani, kemudian menikah dengan Soekarno ia muallaf atau mengucapkan dua kalimat syahadat untuk memeluk islam.

BACA JUGA:Kesaktian Jendral Besar Sudirman, Ahli Perang, Kemampuan Medis Hingga Dikenal Romantis

BACA JUGA:KUR Mikro BRI Rp 20 Juta, Rp 30 Juta Hingga Limit Rp 50.000.000 Tanpa Jaminan

Rumah tangga Yurike dan Soekarno tidak bertahan lama, lantaran situasi politik tengah memanas pasca G30S, sehingga mereka memutuskan bercerai secara baik-baik.

Saat menikah dengan suami barunya, Yurike masih seorang Muslim. Alasannya pindah menjadi seorang Nasrani lantaran di lingkungannya adalah kebanyakann menganut Agama Nasrani. 

Pertemuan Soekarno dan Yuri terjadi pada 1963, saat Soekarno tengah menghadiri suatu acara kenegaraan. Saat memperhatikan sekitarnya, matanya tertuju kepada Barisan Bhineka Tunggal Ika.

Sebuah barisan berisi anak sekolah yang dibentuk pemerintah untuk menyambut tamu dengan menggunakan baju adat Nusantara, ia memperhatikan dengan seksama wajah-wajah dari dari Barisan Bhineka Tunggal Ika.

Disanalah ia melihat Yurike Sanger dan tertarik melihat kecantikannya, saat itu Yurike Sanger baru berada di bangku kelas dua SMA. 

Bung Karno mendekati dan menyatakan ketertarikannya kepada Yuri. Cintanyapun disambut oleh sang putri yang kagum dengan karisma Putra Sang Fajar. Sejak itu mulai sering bersama dan diajak Bung Karno jalan-jalan. 

Singkat cerita, Soekarno meminta izin kepada kedua orang tua Yuri untuk menikahi. Merekapun menikah, walau sedikit ada keraguan karena Yuri menjadi istri ke-7 Bung Karno dan menikah secara Islam.

BACA JUGA:Dijajah 140 Tahun, Berikut Kosa Kata Bahasa Bengkulu Yang Mirip Bahasa Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: