Perlukah Kesehatan Mental di Era Digital, Bagaimana Pengaruhnya? Ini Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Perlukah Kesehatan Mental di Era Digital, Bagaimana Pengaruhnya? Ini Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Perlukah Kesehatan Mental di Era Digital, Bagaimana Pengaruhnya? Ini Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO)--

BACA JUGA:Mengenal Rencong Puuk Ranub Lam Pulo, Senjata Sakti yang Membuat Cut Nyak Dhien Tak Mudah Ditangkap

BACA JUGA:Ingat Inilah Bahan yang Wajib Ada Bukan Tepung Terigu, Agar Bakwan Jagung Lebih Gurih dan Renyah

Dalam beberapa kasus teknologi memberikan pengaruh yang sangat parah karena sifatnya yang terbebas dari ruang dan waktu. Cyber bullying secara tragis eksistensi nya semakin meluas. Komentar negatif, standar yang diciptakan sosial media dan semuanya seolah menjadi bumerang yang menyerang siapa saja dan kapan saja. 

Tak heran bila perkembangan internet memiliki kemampuan signifikan dalam menyalurkan dampak negatif terutama dalam konteks kesehatan mental dan emosional. Tidak lupa pula menyebutkan perkembangan AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan yang sudah menyebar luas. Kecerdasan buatan diakui mampu memberikan jawaban yang akurat dalam waktu hitungan detik saja, namun sadis nya kehadiran nya bagaikan duri dalam selimut.

Keadaan inilah yang menciptakan realitas dimana digitalisasi yang terjadi mempengaruhi kesehatan seseorang secara emosional. Belum lagi jika kita berbicara dalam konteks visualisasi. 

Tekanan dimana seseorang merasa harus tampil dengan sempurna, menciptakan public image yang luar biasa tanpa memikirkan kemampuan diri sendiri dan standar yang tidak waras guna meraih validasi sesaat. 

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan dalam hiburan digital yang bersifat adiktif faktanya mampu membuat seseorang terisolasi dari kehidupan sosial mereka, lebih menyedihkan lagi fakta bahwa dunia digital secara tidak disengaja menciptakan standar kemewahan yang mengundang keinginan untuk di glorifikasi.

Zaman yang semakin canggih memang tidak akan lepas dari dampak negatif. Namun sebagai manusia yang dianugrahi akal dan pikiran, tentu saja kita memiliki opsi untuk meminimalisir kan status yang ada saat ini. 

Penting bagi kita untuk mengenali dan memahami dampak dan konsekuensi yang terjadi dan wajib bagi kita menganalisa serta mampu memberikan solusi yang mumpuni di era digital ini.*

Sumber : medix-global.com & klikwarta.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: