Suku-Suku Terasing di Indonesia Yang Masih Hidup di Pedalaman, Diataranya Terancam Punah

Suku-Suku Terasing di Indonesia Yang Masih Hidup di Pedalaman, Diataranya Terancam Punah

Suku-Suku Terasing di Indonesia Yang Masih Hidup di Pedalaman, Diataranya Terancam Punah--

Suku ini pun masih hidup nomaden atau berpindah-pindah, juga masih dilabel primitif, mereka menganut sistem kepercayaan. Suku Anak Dalam menyembah dewa atau roh dari para leluhur.  

Suku Mante

Suku Mante merupakan suku pedalaman yang keberadaannya saat ini menjadi cukup misterius.  Menurut sejarahnya, Suku Mante sudah mendiami wilayah Aceh sejak ribuan tahun yang lalu. 

Suku pedalaman ini hidup menyendiri di pedalaman hutan-hutan di Aceh dan diperkirakan mereka datang dari Campha, Kamboja. 

Namun saat ini keberadaan suku Mante diperkirakan sudah punah karena sudah tidak pernah terlihat lagi. Ciri fisik Suku Mante yang menjadi keunikan mereka adalah ukuran tubuh mereka yang kecil atau biasa disebut sebagai orang kerdil. 

Beberapa tahun belakangan, nama Suku Mante sempat menjadi viral. Dalam sebuah video yang beredar, tampak rombongan motor Trail menerabas hutan dan tiba-tiba muncul sesosok manusia kerdil. Disinyalir orang tersebut berasal dari 

Suku Laut

Suku Laut atau yang biasa disebut orang laut merupakan suku pedalaman yang tinggal di daerah Kepulauan Riau. Secara umum, Suku Laut adalah berbagai kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan di sungai-sungai Lingga, Pulau Tujuh,  dan pulau-pulau dilepas pantai.

Pada zaman dahulu, konon suku pedalaman ini berperan penting dalam kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Johor, dan Kesultanan Malaka. Mereka bertugas menjaga selat-selat, memandu para pedagang, dan mengusir para bajak laut. Bahasa yang mereka gunakan sebagian besar adalah Bahasa Melayu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: