Dari ORI ke Rupiah, Perjalanan Mata Uang Indonesia yang Penuh Tantangan

Dari ORI ke Rupiah, Perjalanan Mata Uang Indonesia yang Penuh Tantangan

Dari ORI ke Rupiah, Perjalanan Mata Uang Indonesia yang Penuh Tantangan--

Namun, perubahan dari ORI ke rupiah tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh pemerintah Indonesia dalam proses transisi tersebut. Berikut ini adalah tahapan-tahapan tersebut:

- Sebagai upaya untuk menyeragamkan uang di wilayah Republik Indonesia Serikat (RIS), pada 1 Januari 1950, ORI dan ORIDA (Oeang Republik Indonesia Daerah) ditarik dari peredaran. Penggantinya adalah uang federal atau rupiah RIS.

Menteri Keuangan Sjafruddin diberi kuasa untuk mengeluarkan uang kertas rupiah RIS tersebut. Mulai 27 Maret 1950 telah dilakukan penukaran ORI dan ORIDA dengan uang baru yang diterbitkan dan diedarkan oleh De Javasche Bank.

BACA JUGA:Tiga Suku Dengan Penduduk Bermata Biru di Indonesia, Ternyata Salah Satunya di Aceh

BACA JUGA:Jangan Kaget, Situs Gunung Padang Yang Bisa Merubah Sejarah, Ini Fakta Terbarunya

- Setelah bangsa ini berhasil kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), akhirnya mata uang RIS tadi diganti permanen menjadi rupiah atau yang disingkat Rp pada tahun 1952.

Pada tahun itu juga dibentuk Bank Sentral Republik Indonesia (BSRI) sebagai lembaga moneter negara yang bertugas mencetak dan mengedarkan rupiah.

- Pada tahun 1953, BSRI berganti nama menjadi Bank Indonesia (BI) sesuai dengan UU No. 11 Tahun 1953. BI menjadi bank sentral yang berwenang mengatur dan mengawasi peredaran rupiah di Indonesia. BI juga bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai rupiah terhadap mata uang asing.

Perjalanan mata uang Indonesia dari ORI ke rupiah merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang patut kita banggakan dan pelajari.

Mata uang Indonesia menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mampu mencetak mata uang sendiri dengan segala keterbatasan dan tantangan yang ada, mata uang Indonesia juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki semangat untuk merdeka secara politik dan ekonomi dari penjajahan.

Artikel ini dilansir dari berbagai sumber : Uang Indonesia dan Bisnis Liputan6.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: