Menilik Fakta Menarik Provinsi Gorontalo yang Dikenal Sebagai Serambi Madinah

Menilik Fakta Menarik Provinsi Gorontalo yang Dikenal Sebagai Serambi Madinah

Menilik Fakta Menarik Provinsi Gorontalo yang Dikenal Sebagai Serambi Madinah--

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia merupakan negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai negara Kepulauan karena gugusan pulau yang sangat banyak.

Indonesia di bagi menjadi beberapa provinsi yang menyebar di sepanjang pulau salah satunya adalah Provinsi Gorontalo.

Provinsi Gorontalo menjadi salah satu provinsi yang ada di Pulau Sulawesi. Provinsi Gorontalo merupakan provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara tahun 2000.

Provinsi Gorontalo dikenal sebagai serambi Madinah. Julukan tersebut di berikan kepada Gorontalo karena nilai adat serta norma agama yang di junjung tinggi oleh masyarakat setempat terutama norma Islam.

Namun, selain di kenal sebagai Negeri Serambi Madinah, Provinsi Gorontalo juga memiliki fakta menarik lain yang perlu di ketahui.

BACA JUGA:Memiliki Maldivesnya Indonesia, Inilah Fakta Menarik Maluku Utara Mulai Penduduk Hingga Warisan Budayanya

BACA JUGA:Ratna Sari Dewi Istri Jepang Presiden Soekarno Yang Penuh Lika-Liku Hingga Membuat Kehebohan

Berikut ini fakta menarik dari Provinsi Gorontalo.

Salah Satu Kota Tertua di Sulawesi

Fakta menarik dari Gorontalo yang pertama adalah merupakan salah stau kota tertua di Sulawesi. Gorontalo memiliki nama yang berasal dari kata Hutolanto atau Hutontalangi yang merupakan salah satu kerajaan di Gorontalo.

Hulontalangi memiliki arti lembah yang mulia serta daratan yang tergenang. Asal muasalnya di sebut Gorontalo karena penyebutannya yang susah oleh Kolonial Belanda.

Desa di Atas Laut 

Fakta menarik selanjutnya dari Gorontalo adalah memiliki desa yang berada di atas laut. Desa ini merupakan desa suku Bajo yang mayoritas masyarakatnya merupakan seorang nelayan. Desa atas laut ini berada di Desa Torosiaje. 

Kini desa tersebut tidak hanya di huni oleh suku Bajo melainkan beberapa suku lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: