Tahu Film Hantu 'Si-manis Jembatan Ancol', Ternyata Korban dari Playboy Kaya Yang Dihukum Gantung Era Belanda

Tahu Film Hantu 'Si-manis Jembatan Ancol', Ternyata Korban dari Playboy Kaya Yang Dihukum Gantung Era Belanda

Tahu Film Hantu 'Si-manis Jembatan Ancol', Ternyata Korban dari Playboy Kaya Yang Dihukum Gantung Era Belanda--

Oey Tambah Sia gelap mata. Ia memerintahkan centengnya untuk membunuh Mas Sutejo secara diam-diam. Demi menutupi aksi pembunuhan, Oey Tambah Sia meracuni pembantunya yang bernama Tjeng Kie. 

Kemudian, Oey Tambah Sia bersiasat memfitnah seorang Tionghoa yang menjadi rivalnya, Liem Soe King sebagai pelaku pembunuhan.

Tapi, siasat tersebut tak berhasil. Dalam sebuah penyelidikan, Liem terbukti tak bersalah. Liem berbalik mengumpulkan bukti kejahatan Oey Tambah Sia. 

Bahkan, Liem meminta Gunjing ikut membantu dan memberikan kesaksian kepada pihak polisi atas keterlibatan Oey Tambah Sia dalam dua kasus pembunuhan.

Pengadilan (landraad) menjatuhkan hukuman mati untuk Oei Tambah Sia. Keluarganya melakukan upaya banding ke pengadilan tinggi (raad van justitie) tapi tidak berhasil. Permohonan grasi ditolak gubernur jenderal.

Dia diantarkan ke tiang gantungan di halaman Balai Kota (Stadhuis) Batavia, saat ini bangunan balai kota itu menjadi Museum Fatahillah, Kota Tua. 

 halaman Balai Kota, warga Batavia sudah berkumpul untuk melihat hukuman gantung ini, saat fajar. Dia tewas di tiang gantung pada usia 31 tahun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: