Ungku Saliah Ulama Sakti, Potonya Sering Dipajang di Rumah Makan Padang, Ini Tujuannya

Ungku Saliah Ulama Sakti, Potonya Sering Dipajang di Rumah Makan Padang, Ini Tujuannya

Ungku Saliah Ulama Sakti, Potonya Sering Dipajang di Rumah Makan Padang, Ini Tujuannya--

RADARMUKOMUKO.COM - Rasanya hampir sebagian besar orang Indonesia pernah mampir atau makan di rumah makan padang atau rumah makan minang yang terkenal dengan randang dan sambak pedas yang khas. rumah makan padang sangat mudah ditemukan, karena tersebar di seluruh Indonesia bahkan mencanegara.

Yang menarik dan menjadi pertanyaan, di sebagian besar rumah makan minang selalu ada poto seseorang yang dipajang di dinding dan mudah terlihat oleh siapa saja. Mungkin tidak seluruh rumah makan padang menempel poto lama tersebut. 

Untuk di wilayah Sumbar, umumnya rumah makan yang memajang potonya adalah yang dimiliki oleh orang Pariaman. Sedangkan di berbagai daerah lain di luar Sumbar, tidak hanya rumah makan milik orang Pariaman saja, tapi rumah makan minang lain sering memajangnya. 

Salah satu gambar yang sering ditemukan adalah poto seorang pria tua dengan ciri khas berkopiah hitam, berbaju putih dan sebuah sarung hitam melingkari lehernya yang dilepas ke bawah.

Mungkin kebanyakan orang mengira, bahwa sosok dalam poto tersebut merupakan pemilik rumah makan atau orang tua maupun kekak dari pemilik rumah makan minang ini.

Melansir dari berbagai sumber, sosok yang ada dalam poto ini merupakan seorang ulama besar Indonesia yang berasal dari Padang Pariaman, Sumatra Barat. Ia salah satu penyiar agama Islam Sumbar atau di Pariaman.

BACA JUGA:5 Tokoh Nasional Yang Pernah Dipenjara Secara Tak Adil Oleh Soekarno, Bukti Politik Itu Kejam

BACA JUGA:Pangeran Diponegoro Pilihara Burung Perkutut Karena 6 Keunikannya, Serta 4 Keturunannya Jadi Artis Terkenal

Namanya Syekh Kiramatullah Ungku Sali dan sering dipanggil dengan Ungku Saliah, lahir di Pasa Panjang Sungai Sariak tahun 1887 dan meninggal tahun 1974.

Bagi orang minangkabau, khususnya lagi Pariaman, Ungku Saliah sangat dikenal dan dihormati. 

Mengutib dari katasumbar.com, Dosen Kebudayaan Minangkabau di Fakultas Adab, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Muhammad Nasir mengatakan, Ungku Saliah merupakan sosok seorang ulama dan istimewa bagi masyarakat.

Beliau memiliki kharisma yang besar juga disebut punya karamah atau keramat. Dalam diri beliau ada tiga sifat atau sosok yang bisa dilihat, yakni ilmu yang luar biasa.

Sosok ulama yang memiliki keramat adalah orang yang berilmu dan memiliki kepribadian yang baik. Sehingga ulama itu dihormati karena ilmu, kepribadian dan keramat yang dimilikinya.

Diakui Nasir, secara keilmuan sejarah, hal itu belum bisa dibuktikan, namun karakter ulama yang ada pada diri Ungku Saliah itu jadi keutamaan bagi orang-orang di masanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: