Hadiri Launching Rumah Kebangsaan, Bupati Mukomuko Ajak Semua Elemen Galakkan Ketahanan dan Keamanan Pangan

Hadiri Launching Rumah Kebangsaan, Bupati Mukomuko Ajak Semua Elemen Galakkan Ketahanan dan Keamanan Pangan

Hadiri Launching Rumah Kebangsaan, Bupati Mukomuko Ajak Semua Elemen Galakkan Ketahanan dan Keamanan Pangan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Bupati MUKOMUKO, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI mengajak semua unsur pemerintahan dan elemen masyarakat untuk menggalakkan program ketahanan dan keamanan pangan di Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu. 

Hal ini disampaikan Bupati Mukomuko ketika menghadiri acara launching Rumah Kebangsaan Kabupaten Mukomuko, di Jalan Sultan Khalifatullah RT IV, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kamis, 7 September 2023.

‘’Bukan hanya ketahanan pangan, akan tetapi kita juga mendorong untuk menggalakkan keamanan pangan,’’ ungkap Bupati Sapuan.

BACA JUGA:98,82 Persen Penduduk Mukomuko Tergabung Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Aspek ketahanan pangan terus dijaga. Akan tetapi, kata Bupati Sapuan, kualitas pangan yang higienis, aman dikonsumsi tetap harus diperhitungkan. 

‘’Ketahanan pangan harus, namun keamanan pangan yang akan dikonsumsi juga penting diperhitungkan untuk kesehatan,’’ imbuh Bupati Sapuan. 

Pada kesempatan ini, Bupati Sapuan juga memperlihatkan hasil pangan yang bebas dari racun herbisida dan zat kimia. 

‘’Ini beras aman dikonsumsi. Hasil budidaya petani kita yang bebas dari pupuk kimia dan racun. Seperti yang kita maksudkan menjaga keamanan pangan,’’ paparnya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Mukomuko Elxandy Ultria Dharma, SSTP. Mec.Dev menambahkan, hasil penelusuran pihaknya di pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Mukomuko. Sebagian besar pangan yang dijual pedagang mengandung zat kimia berbahaya. 

‘’Kita telah melakukan survei dan mengambil sampel beberapa jenis pangan di pasar-pasar, termasuk sayur mayur. Setelah kita cek menggunakan alat uji, sebagian besar mengandung zat kimia dan herbisida. Artinya, kurang aman untuk dikonsumsi,’’ paparnya. 

Mengenai hal ini, kata Elxandy, bupati menginginkan ke depan masyarakat dapat mengonsumsi pangan yang higeinis, bebas dari zat kimia. 

BACA JUGA:Nenek Cicih, Lansia Penderita Lumpuh Menahun Dapat Bantuan Kursi Roda dari Kapolres Mukomuko

‘’Secara bertahap, sekarang sudah mulai banyak petani kita meninggalkan pupuk kimia dan racun kimia untuk budidaya tanaman pangan. Harapan bupati demikian, dengan menggalakkan ketahanan pangan dan keamanan pangan ini dapat mengurangi peredaran pangan yang kurang aman dikonsumsi. Contoh sudah ada, dengan mengandalkan pupuk organik, petani kita bisa memproduksi hasil yang memuaskan,’’ terangnya. 

Budidaya padi sawah tanpa menggunakan pupuk kimia di Kabupaten Mukomuko telah dilakukan uji coba oleh salah seorang petani Mukomuko. Sebut saja, Yansen, petani asal Mekar Jaya, Kecamatan Teras Terunjam, Mukomuko. Ia salah satu yang dinilai berhasil dalam usaha produksi gabah tanpa menggunakan pupuk kimia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: