Mukomuko Tuntaskan Simoni Usulan DAK 2024, Bappelitbangda: Tinggal Menunggu Penetapan Pagu

Mukomuko Tuntaskan Simoni Usulan DAK 2024, Bappelitbangda: Tinggal Menunggu Penetapan Pagu

Mukomuko Tuntaskan Simoni Usulan DAK 2024, Bappelitbangda: Tinggal Menunggu Penetapan Pagu --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO optimis kembali mendapatkan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembiayaan program kegiatan dalam mendukung kebijakan nasional di daerah tahun 2024. Sementara ini, usulan DAK 2024 telah sampai ke tahap Sinkronisasi dan Harmonisasi (Simoni).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Mukomuko, Gianto, SH., M.Si melalui Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Deasy Fatrismawati kepada radarmukomuko.com ketika ditemui di kantornya, Kamis, 31 Agustus 2023. 

‘’OPD dan Bappelitbang telah melaksanakan perbaikan data dukung dan Submit atau pengiriman data hasil perbaikan itu pada tanggal 26 Agustus lalu. Sementara ini, usulan DAK kita telah sampai ke tahap Simoni,’’ ungkap Deasy. 

Dikatakan Deasy, kelanjutan dari tahapan sinkronisasi, terhadap usulan DAK masing-masing daerah, termasuk Kabupaten Mukomuko akan dilaksanakan penilaian akhir oleh pihak kementerian, lembaga dan Bappenas. 

BACA JUGA:Satpol PP Mukomuko Perlu Dilengkapi Mobil Dalmas

Secara jadwal, tahapan penilaian akhir terhadap usulan DAK 2024 di tingkat pusat tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Agutus lalu. 

‘’Setelah selesai penilaian akhir, akan dilaksanakan pembahasan bersama dengan DPR RI, dan kemudian dilanjutkan dengan penetapan pagu alokasi masing-masing bidang dan kabupaten yang akan ditetapkan dalam progres DAK di APBN, dan hemat kami paling cepat pada Oktober nanti,’’ ujarnya. 

Setelah penetapan pagu DAK, masing-masing daerah penerima program akan melaksanakan tahapan penyusunan Rencana Kerja (RK). 

‘’Penyusunan RK ini baru dapat dilaksanakan setelah pagu DAK ditetapkan. Hemat kami, tahapan penyusunan RK berkisar di Oktober hingga Desember nanti,’’ paparnya. 

Selain itu, Kabupaten Mukomuko juga terintegrasi sebagai calon penerima DAK tematik tahun 2024. DAK tematik itu salah satu menu DAK yang ditawarkan. Dijelaskan Deasy, DAK tematik hanya dialokasikan bagi daerah yang masuk dalam alokasi prioritas. Artinya, tidak semua daerah dapat mengusulkan program dan anggaran yang bersumber dari DAK tematik.  

BACA JUGA:Teken MoU Aplikasi E-Mosi Caper, Bupati Mukomuko: Warning bagi ASN Agar Tidak Bercerai

‘’Kalau daerah itu masuk dalam skala prioritas, secara otomatis dapat mengusulkan melalui aplikasi Krisna. Bagi yang tidak ya tidak. Alhamdulillah, DAK tematik 2024 ada ruang untuk Kabupaten Mukomuko,’’ terang Deasy. 

Deasy juga menyampaikan, usulan DAK tematik dari Kabupaten Mukomuko kurang lebih Rp300 miliar. 

‘’LO DAK tematik ini masuk di pertanian, akan tetapi di situ ada PUPR, ada perikanan, pertanian. Sifat DAK tematik ini beberapa dinas terintegrasi. Mudah-mudahan saja, usulan ini dapat disetujui pemerintah pusat,’’ demikian Deasy. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: