Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno

Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno

Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno--

Gusti Noeroel juga didambakan oleh Kolonel GPH Djatikusumo, salah seorang prajurit militer. 

Tokoh negara lainnya yang mencoba meminang Gusti Noeroel adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang memiliki 9 orang selir. 

Namun semua tokoh tersebut tidak ada satupun yang berhasil memikat hati Gusti Noeroel. Putri bangsawan ini memutuskan untuk menerima pinangan seorang militer berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso. 

Alasan Gusti Nurul menolak cinta para pejabat negara ini cukup membanggakan bagi perempuan, dimana ia menolak karena prinsip kuat tidak mau dipoligami. 

Karena keelokannya, sebuah museum di yogyakarta mempersembahkan ruangan khusus yang digunakan untuk menjadi ruang perkenalan antara Gusti Nurul dengan Pengunjung, Museum ini adalah Museum Ullen Sentalu. 

BACA JUGA:Presiden Soekarno Miliki 9 Istri dan 11 Anak, Berikut Nama dan Penjelasannya

BACA JUGA:Teks Proklamasi Ditulis Tangan Soekarno dan Yang Diketik Sayuti Malik Ternyata Ada Perbedaan

Di Museum Ullen Sentalu terdapat ruang yang berisi foto pribadi Gusti Nurul mulai dari usia kanak-kanak hingga berusia senja, ruangan tersebut dinamakan “Ruangan Putri Dambaan”.

Ruangan ini diresmikan langsung oleh Gusti Nurul pada tahun 2002. Ketika berkunjung ke Museum Ullen Sentalu melalui Tur Adiluhung Mataram, pengunjung akan diajak untuk masuk ke Ruangan Putri Dambaan dan diberikan penjelasan mengenai kehidupan Gusti Nurul oleh edukator museum.

Perlu diketahui, Gusti Noeroel juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang membidani berdirinya Solosche Radio Vereeniging, stasiun radio pertama di Indonesia.

Pada tanggal 10 November 2015 pukul 08.00 WIB, Gusti Noeroel mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Borromeus, Bandung setelah sebelumnya dirawat selama 2 minggu diusia 94 tahun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: