Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno

Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno

Gusti Nurul, Wanita Paling Cantik Yang Menolak Cinta Pejabat Negara dari Sultan Syahril Hingga Soekarno--

RADARMUKOMUKO.COM - Bukan seorang pahlawan wanita yang terkenal seperti beberapa tokoh perempuan lainnya, namun namanya cukup dikenal di masa kemerdekaan Indonesia.

Wanita tersebut adalah Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Lamaril Ngasarati Kusumawardhani atau yang kerap disapa Gusti Nurul. Ia hahir pada 17 September 1921, di Surakarta.

Gusti Nurul tentu bukan dari keluarga sembarangan, ia adalah putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII, dari permaisurinya yang bernama Gusti Kanjeng Ratu Timoer.  

BACA JUGA:Pejuang Wanita Raden Nyai Ageng Serang Pemimpin dan Penasehat Perang di Tanah Jawa

BACA JUGA:Perang Ambarawa Disebabkan Niat Sekutu Inggris Yang Tidak Baik, Ini 6 Tokoh Pejuang Yang Terlibat

Namun yang membuat dirinya sangat dikenal bukan saja karena lahir dari keluarga yang hebat, tapi lebih karena paras cantiknya yang mempesona. Bisa dikatakan, Gusti Nurul adalah wanita paling cantik di masanya dan menjadi primadona.

Malansir dari budaya.jogjaprov.go.id, selain cantik tiada lawan, Gusti Nurul juga merupakan wanita yang sangat modern pada kala itu.

 Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Lamaril Ngasarati Kusumawardhani juga wanita yang jago menari, hingga ia pernah diundang menari di Belanda pada usia 15 tahun, untuk dipersembahkan sebagai kado pernikahan Putri Juliana. 

Tarian tersebut sangat istimewa karena diiringi dengan gamelan dari pura Mangkunegaran yang dipancarkan melalui saluran radio Solosche Radio Vereeniging.

Selaku putri dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII, Gusti Nurul juga merupakan seseorang yang pandai dan berpendidikan. 

Maka tidak heran, selain primadona di Solo, juga banyak pejabat negara yang jatuh hati pada Gusti Nurul, termasuk presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah tertarik dengannya.

BACA JUGA:Siti Manggopoh, Sosok Pejuang Perempuan Yang Terlupakan Pernah Tewaskan 53 Serdadu Belanda

BACA JUGA:Selain Jago Perang, 9 Pejuang Indonesia Miliki Kesaktian Tinggi, Kebal Peluru Hingga Bisa Hilang

Terus mantan Perdana Menteri Sutan Sjahrir bahkan sangat mengincar Gusti Nurul, ia biasa mengirimkan kado melalui sekretarisnya ke kediaman Gusti Noeroel di Pura Mangkunegaran ketika rapat kabinet digelar di Yogyakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: