Suku-Suku Asli Indonesia Yang Terancam Punah, Salah Satunya Pengaruh Miras dan HIV/AIDS

Suku-Suku Asli Indonesia Yang Terancam Punah, Salah Satunya Pengaruh Miras dan HIV/AIDS

Suku-Suku Asli Indonesia Yang Terancam Punah, Salah Satunya Pengaruh Miras dan HIV/AIDS--

RADARMUKOMUKO.COM - Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa Tanah Air.

Namun dampak perkembangan penduduk, kemajukan teknelogi serta kebijakan pembangunan, menyebabkan beberapa suku di Indonesia yang selalu kukuh menjaga kelestarian alam terancam punah, bahkan ada yang sudah sulit ditemui kelompoknya.

BACA JUGA:5 Teori Asal Usul Suku Jawa, Dari Kerajaan Turki Hingga Yunnan Tiongkok Selatan

Padahal para penduduk suku ini, tinggal di daerah mereka sendiri yang sudah berabab-abad sebelum Indonesia Merdeka. Kepunahannya dikarenakan berbagai hal, mulai dari dampak modernisasi hingga hilangnya tradisi dan kebudayaannya, hingga dampak perusakan hutan untuk perkebunan dan pengembangan domisili.

Seperti suku mante di pedalaman aceh, sekarang sudah tidak ditemukan lagi keberadaannya, walau beberapa waktu lalu sempat hoboh, karena ada satu orang diduga dari suku mante terekam kamera.

Juga Suku Wajak, ini mendiami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Saat ini keberadaan suku tersebut sudah tidak ditemukan, kemungkinan sudah berbaur dengan penduduk lainnya.

Berikut ini beberapa suku yang terancam punah dilansir dari berbagai sumber:

Suku Mentawai

Suku Mentawai adalah suku kuno yang berada di kepulauan mentawai bagian dari wilayah Sumatra Barat dan Utara. Asal usulnnya yang misterius menjadi perdebatan dikalangan peneliti. 

BACA JUGA:Tradisi Unik Menikahkan Mayat Suku Toraja, Keluarga Mencarikan Pasangan Dengan Alasan Ini

Ada yang berpendapat bahwa suku ini berasal dari bangsa polinisea ada pula yang meyakini suku ini berasal dari bangsa Proto Malaya atau melayu tua. Tempatnya yang terisolasi membuat budayanya berbeda dengan suku suku terdekatnya.

Sejak masuknya orang luar dan perkembangan jaman, suku mentawai sudah berada pada generasi terakhir. Karena banyak anak anak suku mentawai yang tidak mengikuti budaya tradisional yang ditanamkan para leluhurnya.

Suku Togutil

Suku yang satu ini dikenal akan kemampuan bertahan hidup yang sangat kuat. Mendiami kawasan hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo dan Buli di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Suku Togutil masuk ke dalam suku terasing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: