6 Suku Pemilik Ilmu Mistik Terkuat dari Aceh Hingga Papua, Perdukunan Hingga Ahli Petir

6 Suku Pemilik Ilmu Mistik Terkuat dari Aceh Hingga Papua, Perdukunan Hingga Ahli Petir

Upacara Bakar Batu di Papua--

Sangking tersohornya kemampuan Mistis dari suku ini, jika kalian bertanya pada orang Sulawesi tentang Suku ini, maka yang pertama akan terlintas di benak mereka adalah Ilmu Gaib dan Guna-Guna. 

BACA JUGA:Tradisi Medudun atau Medok, Ritual Pernikahan Suku Tidung yang Mengharuskan Pasangan Tidak Mandi 3 Hari

Hal-hal yang berbau mistis masih dianggap sebagai sesuatu yang wajar bagi suku Kajang, karena Faham animisme yang begitu melekat pada suku ini. Faham animisme ini tetap sulit lepas dari jati diri suku Kajang walaupun kini kebanyakan dari suku ini adalah pemeluk agama Islam.

Karena reputasi dari kekuatan mistis dari suku Kajang yang sudah terkenal di seantero Sulawesi, banyak orang di luar suku ini yang tinggal di Sulawesi akan merasa was-was jika ada orang dari suku Kajang yang jatuh hati pada mereka.

Selain itu suku yang terkenal dengan ilmu kebal terhadap senjata tajam ini, juga pernah di rumorkan bisa melunakkan temgkorak manusia dalam sekejab mata dengan ilmu mistis yang mereka miliki.

Suku Asmat

Tidak lengkap, jika membahas Suku yang Memiliki budaya Mistis paling kental tanpa menyebutkan, Suku Asmat. Suku yang mendiami pedalaman Papua ini begitu percaya dengan hal-hal berbau mistis dalam keseharianya. 

Segala sesuatu yang mereka kerjakan setiap harinya mulai dari berburu, mencari ikan, hingga menebang pohon sagu, semuanya harus melalui sebuah perhitungan tertentu, mirip dengan pimbon yang ada di Pulau Jawa. 

BACA JUGA:Makna Ornamen Cicak dan Empat Payudara di Rumah Bolon Suku Batak, Bikin Terharu

Suku Asmat memiliki sebuah kepercayaan unik bahwa diri mereka berasal dari alam lain yang berada yang terletak tepat di arah Matahari tenggelam. 

Selain itu sebuah kepercayaan lain yang dimiliki oleh suku ini adalah bahwa di tempat yang mereka diami terdapat 3 jenis roh yang berbeda-beda, ada yang bersifat baik, jahat dan juga roh jahat yang bisa mati.

Kemampuan gaib Suku Asmat yang paling tersohor adalah, kemampuan mereka untuk menerawang barang yang hilang sekaligus menari tahu siapa yang telah mengambilnya. 

Dalam beberapa kasus tertentu kekuatan magis Suku Asmat bahkan dikabarkan mampu mendatangkan petir, angit topan dan badai. 

Di Suku Asmat juga terdapat berbagai macam upacara tradisional yang sebenarnya lebih pantas disebut ritual, yaitu pesta topeng, pesta ulat sagu, pesta patung bis, dan juga pesta perahu. 

BACA JUGA:Tradisi Unik Suku Kalang, Keluarga Membakar Barang Orang Meninggal Termasuk Perhiasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: