Medan Jaya Mulai Kebut Kegiatan Fisik

Medan Jaya Mulai Kebut Kegiatan Fisik

Kades Medan Jaya, Afrizal (Akang)--

IPUH, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Medan Jaya Kecamatan Ipuh, saat ini mulai siap-siap merealisasikan kegiatan fisik yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023. Kegiatan fisik yang tengah mereka siapkan saat ini yaitu pembangunan rabat beton dengan ukuran panjang lebih kurang 300 meter. Jika tidak ada halangan, mereka berencana melaksanakan kegiatan titik nol pembangunan Senin tanggal 14 Agustus mendatang. Sekarang semua persiapan untuk pelaksanaan kegiatan itu tengah dimatangkan oleh jajaran Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), termasuk menyiapkan material dan tenaga kerja atau tukang yang akan mengerjakan pembangunan tersebut.

Kepala Desa (Kades) Medan Jaya, Afrizal (Akang) mengatakan, pembangunan fisik yang dilaksanakan Pemdes Medan Jaya ini memang agak terlambat dengan desa lain. Karena status desa Medan Jaya adalah Desa Mandiri. Pencairan Dana Desa (DD) Desa Mandiri hanya dua tahap selama satu tahun.

BACA JUGA:Tanah Rekah Salurkan BLT Tahap II

"Ya, pencairan DD kita hanya dua tahap. Ini tahap yang kedua penggunaanya untuk pembangunan rabat beton. Sekarang kita sedang menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Mungkin Senin besok kita melaksanakan titik nol pembangunan," kata Akang.

Lanjutnya, meskipun pembangunan fisik ini agak lamban dimulai. Namun, pihaknya dari Pemdes tetap optimis bahwa pekerjaan pembangunan rabat beton tersebut bisa selesai sebelum akhir tahun ini. Karena itu TPK dan pihak pekerja yang terlibat dalam pembangunan rabat beton itu harus bisa melakukan percepatan. Menyelesaikan pekerjaan itu tepat waktu sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Perdana, Tanah Harapan Salurkan Bantuan RTLH

"Kita optimis bangunan rabat beton 300 meter tersebut selesai tepat waktu. Sebelum akhir tahun semua banguna yang bersumber dari DD tahun 2023 harus selesai 100 persen. Dan diserah terimakan," ungkapnya.

Ditambahkannya, selama pembangunan rabat beton ini berlangsung. Pihaknya dari Pemdes berharap BPB bisa memberikan pengawasan dengan baik. Selain itu pihaknya juga minta masyarakat juga ikut mengawasi. Sehingg pembangunan rabat beton ini selesa sesua dengan rencana yang sudah disepakati. Kalau ada temuan pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana bisa dilaporkan langsung dengan Kades atau ketua TPK.

"Kita minta BPD yang mewakili masyarakat, bisa aktif ikut mengawasi pembangunan ini sebagaimana mestinya. Sehingga pembangunan yang kita kerjakan ini tidak menyimpang dari rencana yang sudah kita sepakati bersama," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: