Dihuni Suku Buryat Danau Baikal Terjernih di Dunia Dijuluki Laut Suci

Dihuni Suku Buryat Danau Baikal Terjernih di Dunia Dijuluki Laut Suci

Dihuni Suku Buryat Danau Baikal Terjernih di Dunia Dijuluki Laut Suci --

RADARMUKOMUKO.COM - Danau Baikal atau Ozero Baykal. Danau ini lokasinya di Siberia selatan, di antara subjek federal Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara.

Volume air di danau ini mencapai 2.361.539 km3 (566.560 cu mi), atau sekitar 23% dari keseluruhan volume air tawar di permukaan Bumi.

Dilansir dari situs resmi wikipedia, Danau Baikal memiliki kedalaman maksimum 1.642 meter dan merupakan danau terdalam, serta danau tertua di Bumi. Danau Baikal terbentuk sekitar 25–30 juta tahun lalu.

BACA JUGA:Suku Hazara Timur Tengah, Korban Penindasan Yang Kejam Menunggu Kematian dan Pengusiran Paksa

Danau Baikal adalah danau terbesar ketujuh di dunia berdasarkan luas permukaan, dengan luas membentang hingga 31.722 km2, sedikit lebih besar dari luas Belgia. Danau ini juga merupakan salah satu danau dengan air terjernih di dunia.

Di Danau ini hidup berbagai spesies tumbuhan dan hewan, banyak di antaranya merupakan spesies endemik di wilayah tersebut. 

Danau Baikal menjadi daerah pemukiman suku Buryat, yang banyak memelihara kambing, unta, sapi, domba, dan kuda di sisi timur danau. Suhu rata-rata bervariasi, dengan suhu terendah saat musim dingin mencapai −19 °C (−2 °F) dan suhu tertinggi 14 °C (57 °F) selama musim panas.

BACA JUGA:Awal Kedatangan Etnis atau Suku Pendatang di Indonesia, Sebarkan Agama, Berdagang Hingga Menjajah

Wilayah di sebelah timur Danau Baikal disebut sebagai Transbaikalia atau Transbaikal dan wilayah di sekitar danau itu sendiri kadang-kadang dikenal sebagai Baikalia. 

Sejak tahun 1996, Danau Baikal telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sebagai Danau Terdalam di Dunia. Selain dijuluki sebagai danau terdalam, Danau Baikal ini juga menjadi sungai terdalam dan tertua yang ada di dunia.

Cerita launnya, masyarakat di sekitar danau ini menganggap bahwa keberadaan Danau Baikal adalah tempat yang suci. Maka dari itu, mereka kerap menjuluki Danau Baikal sebagai Laut Suci. 

Selain menjadi sumber kebutuhan sehari-hari, Danau Baikal juga menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan menjadikannya sebagai tempat budidaya ikan sementara daratannya dijadikan sebagai lahan untuk bercocok tanam.

BACA JUGA:Tradisi Unik dan magis Ma'nene Suku Toraja, Merawat Orang Mati Proses Menuju Puya

Berkaitan dengan legenda lainnya soal danau baikal, diceritakan bahwa Danau Baikal memiliki 336 anak lelaki yang berupa sungai, kecuali Angara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: