Suku Nuer, Menikahi Hantu dan Aturan Rumah Tangga Aneh

Suku Nuer, Menikahi Hantu dan Aturan Rumah Tangga Aneh

Suku Nuer, Menikahi Hantu dan Aturan Rumah Tangga Aneh--

RADARMUKOMUKO.COM - Suku Nuer orang Nitolik yang ada di negara Sudan Selatan. Suku ini memiliki tradisi dan aturan adat perkawinan yang cukup unik dan aneh.

Biaya menikah Suku Nuer cukup berat, pria yang menikahi seorang wanita harus membayar 20 hingga 40 ekor sapi untuk mempelai wanitanya.

Setelah pria membayar ini, wanita harus melahirkan dua anak sebelum proses pernikahan selesai.

Pada saat dia melahirkan anak ketiga, pernikahan itu resmi terikat.

BACA JUGA:Hewan Komodo Ternyata Kembaran dari Suku Komodo, Keturunan Putri Naga

Namun, ada masalah besar jika istri hanya menghasilkan satu anak setelah jangka waktu tertentu.

Pria itu harus meminta cerai, dan kemudian mengambil kembali sapi yang dia bayar sebagai mahar, atau memegang hak asuh anak.

Selain itu, menurut kebiasaan mereka, jika seorang laki-laki meninggal tanpa ahli waris, proses tertentu dimulai. Salah satu saudara ipar almarhum harus menikahi arwahnya. 

Dengan kata lain, salah satu istri dari saudara laki-laki almarhum harus menerima pernikahan hantu. Dengan demikian, anak-anak yang sudah dimiliki wanita ini akan menjadi ahli waris almarhum.

BACA JUGA:Suku Karo, Berhias Kapur dan Menyayat Tubuh Sebanyak Mungkin

Versi lain dari tradisi yang menarik ini, seorang wanita mandul yang berhubungan dengan orang mati yang menggantikannya. 

Kerabat almarhum ini menjadi laki-laki – secara budaya dan sosial – dalam hubungan mereka. Oleh karena itu, tidak dianggap sebagai hubungan sesama jenis. 

Dengan cara yang sama seperti kebiasaan asli, anak-anak istri dianggap sebagai keturunan orang mati. Di satu sisi ini adalah pernikahan hantu dengan proxy.

BACA JUGA:Mengenal Suku Dogon, Manusia Bertopeng Misterius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: