Jangan Baper! Kelurahan Ini Tanpa Kupon Kurban, Ini Penjelasan Panitia

Jangan Baper! Kelurahan Ini Tanpa Kupon Kurban, Ini Penjelasan Panitia

Jangan Baper! Kelurahan Ini Tanpa Kupon Kurban, Ini Penjelasan Panitia --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Hingga H-1 Idul Adha 1444 Hijriah, Rabu sore ini. Kupon kurban belum menghampiri umat muslim pada umumnya di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko. 

Menyikapi hal ini, warga jangan dulu ‘’baper’’ (terbawa perasaan). Pasalnya, pembagian daging kurban Idul Adha 1444 H khususnya di Masjid Baiturrahman Koto Jaya tidak menggunakan sistem kupon. Hasil kesepakatan panitia, daging kurban setelah prosesi penyembelihan langsung antar alamat.     

BACA JUGA:Sejumlah Petani Sawit Mukomuko Mendeklarasikan Gus Imin Presiden

Ketua Panitia Kurban Masjid Baiturrahman Koto Jaya, Alwaki mengungkapkan, sistem pembagian daging kurban tidak menggunakan kupon, seperti yang dilaksanakan beberapa tahun lalu. Berdasarkan hasil musyawarah jamaah dan pegawai sara, pembagian daging kurban dilaksanakan door to door.  

‘’Kami panitia tidak membagikan kupon kurban. Usai sholat Idul Adha besok, dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan. Daging kurban yang terkumpul diantar langsung ke rumah warga,’’ ungkap Alwaki, Rabu, 28 Juni 2023. 

BACA JUGA:Lurah dan RT Dukung Aparat Bombardir Sarang Maksiat di Mukomuko

Alwaki yang diketahui sebagai Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Baiturrahman Koto Jaya ini menjelaskan, jumlah hewan kurban tahun ini sedikit menurun dibandingkan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Meski demikian, pelaksanaan tetap tidak mengurangi makna dan tujuan kurban. 

‘’Data hewan kurban terkonfirmasi hingga hari ini, sebanyak 8 ekor sapi. Sedikit menurun, tahun lalu jumlah hewan kurban sebanyak 9 ekor. Mungkin faktor ekonomi, dan juga dikarenakan mendekati dengan jadwal masuk tahun ajaran baru sekolah, warga banyak kebutuhan biaya pendidikan anak,’’ kata Alwaki. 

Prosesi pemotongan hewan kurban dilaksanakan secara gotong royong. Berikut dengan sistem pembagian daging kurban kepada warga. 

‘’Armada pengantaran daging kurban disiapkan. Warga penerima cukup menunggu di rumah masing-masing,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Mukomuko Masuk Nominasi Terbaik di Lomba Anjungan Tingkat Provinsi Bengkulu 2023

Daging kurban tidak hanya dibagikan kepada umat muslim. Akan tetapi juga akan dibagikan secara merata kepada warga non muslim yang tinggal di wilayah jangkauan kurban Masjid Baiturrahman. 

Selain itu, kata Alwaki, para penghuni rumah urut lulur juga didata sebagai penerima daging kurban. 

‘’Non muslim tetap kita bagikan. Ini bagian dari rasa kepedulian kita,’’ terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: