10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah--

Suku Baduy terbagi atas Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam. Di antara keduanya, Suku Baduy Luar dikenal lebih keras dalam menjaga adat istiadat mereka.

BACA JUGA:7 Suku Pendatang di Indonesia dan Asal Usulnya

Anggota suku yang menetap di kawasan hutan Kabupaten Lebak, Banten ini sama sekali tak mau menggunakan peralatan modern, termasuk tak boleh menaiki sepeda motor dan mobil. Hingga kini, populasi suku yang dikenal juga dengan nama Suku Kenekes ini tersisa sekitar 8.000 orang.

Suku Laut

Disebut juga dengan Orang Selatatau Orang Laut, mereka terdiri atas berbagai kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau, mulai dari Lingga, Batam, hingga Semenanjung Malaya bagian selatan.

Menurut sejarah, orang-orang Suku Laut dulunya merupakan perompak, namun berperan penting untuk Kerajaan Sriwijaya, serta Kesultanan Malaka, dan Johor. Mereka menjaga selat-selat dan mengusir bajak laut.

Suku Korowai

Ditemukan keberadaannya sekitar 30 tahun yang lalu di pedalaman Papua, Suku Korowai memiliki populasi sekitar 3.000 orang. Masyarakat suku ini hidup di rumah-rumah pohon yang disebut RumahTinggi, dengan ketinggian mencapai 50 meter dari permukaan tanah.

Uniknya, dari sekia banyak suku asli di daratan Papua, orang-orang Suku Korowai menjadi salah satu suku yang sama sekali tidak menggunakan ‘koteka’, seperti rakyat SukuDani.

Suku Polahi

Dianggap lebih primitive dari suku asli lainnya di Indonesia, masyarakat Suku Polahi memang lebih jauh tertinggal. Mereka diketahui belum mengenal pakaian, agama, bahkan juga hari.

BACA JUGA:9 Suku Terasing, Diantarannya Masih Dilabel Primitif Hingga Terancam Punah

Orang-orang suku yang ditemukan di pedalaman hutan Boliyohato, Gorontalo ini pun masih hidup berpindah-pindahdari satu hutan ke hutan yang lain dengan cara berkelompok. Namun, keberadaan mereka juga terancam punah, karena makin banyak penebangan hutan.

Suku Bauzi

Lembaga misi dan bahasa Amerika Serikat, Summer Institute of Linguistics (SIL) memasukkan SukuBauzi di Papua ini dalam daftar 14 suku paling terasing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: